1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

Peningkatan kapasitas penilaian potensi hutan di KPH Kapuas Hulu, Kalimantan Barat

2019 08 27 training estimation forest stock putussibau jum

Dalam rangka mendukung Kesatuan Pengalolaan Hutan (KPH) Kapuas Hulu mendapatkan data dan informasi terkini potensi hutan di wilayahnya, KPH Kapuas Hulu, didukung oleh Dinas Kehutanan Kalimantan Barat dan FORCLIME, menyelenggarakan pelatihan Pendugaan Potensi Hutan Wilayah KPH Kapuas Hulu pada tanggal 26-30 Agustus 2019 di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Pendugaan potensi ini dilakukan dengan membandingkan hasil analisis potensi hutan dari data citra satellite dan pembuktian lapangan dengan melakukan inventarisasi hutan. Peserta adalah perwakilan dari KPH Kapuas Hulu Timur, KPH Kapuas Hulu Utara dan KPH Kapuas Hulu Selatan dan mahasiswa magang dari Universitas Papua, serta narasumber dari Direktorat Inventarisasi dan Pemantauan Sumber Daya Hutan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Setelah pelatihan ini, peserta dapat menilai potensi hutan diwilayahnya serta menyusun rencana biaya untuk melaksanaan inventarisasi hutan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Jumtani, Koordinator Provinsi Kalimantan Barat
Klothilde Sikun, Advisor GIS, Koordinator Kabupaten Kapuas Hulu
Edy Marbyanto, Manajer bidang strategis, Peningkatan Kapasitas SDM

FORCLIME dukung percepatan pengesahan rencana pengelolaan hutan KPH di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara

2019 08 27 RPHJP Kaltim suprianto

Sebagai upaya percepatan perbaikan dokumen Rencana Pengelolaan Hutan Jangka Panjang (RPHJP) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Samarinda, didukung FORCLIME dan Global Green Growth Institute (GGGI), mengadakan lokakarya pada tanggal 27-30 Agustus 2019 di Jakarta. Pertemuan ini membahas dokumen RPHJP yang belum direvisi setelah proses validasi dan verifikasi data, sehingga RPHJP belum disyahkan. Dalam lokakarya ini, BPKH Samarinda mengundang Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Direktorat Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi, Direktorat Rencana Penggunaan dan Pembentukan Wilayah Pengelolaan Hutan), yang berperan sebagai narasumber dan juga sebagai pendamping dalam proses penyempurnaan dokumen RPHJP.

Mengacu pada peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan P.98/MenLHK/Setjen/Kum.1/11/2018 tentang Tata Cara Pengesahan Rencana Pengelolaan Hutan Jangka Panjang Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung dan Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi, dokumen-dokumen RPHJP hasil revisi tersebut dalam dua minggu sudah siap untuk proses pengesahan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Suprianto, Advisor Teknis Pengelolaan Hutan Lestari, Koordinator Kabupaten Berau
Lutz Hofheinz, Manager bidang strategis, Pembangunan KPH

Peningkatan kapasitas kelompok tani hutan di Kampung Batu Rajang, Kalimantan Timur

2019 08 20 pelatihan agroforestry desa Batu Rajang Berau supri

Dalam rangka meningkatkan kapasitas kelompok tani hutan dalam praktik wanatani (agroforestry) di Kampung Batu Rajang, Berau, Kalimantan Timur, FORCLIME menyelenggarakan pelatihan pada tanggal 22-23 Agustus 2019. Selama pelatihan dua hari tersebut, peserta memperoleh pengetahuan mengenai pengelolaan ladang/kebun yang lebih ramah lingkungan, misalnya tanpa bahan kimia, tanpa pestisida. Praktik pelatihan dilakukan di ladang-ladang petani, termasuk praktik bagaimana merawat dan mengolah ladang merica, coklat dan karet.

Sebagai tindak lanjut dari pelatihan ini, akan diadakan pelatihan terkait dengan kelembagaan kelompok tani hutan, seperti penyusunan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga serta pengelolaan administrasi.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Suprianto, Advisor Teknis Pengelolaan Hutan Lestari, Koordinator Kabupaten Berau
Lutz Hofheinz, Manager bidang strategis, Pembangunan KPH