1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

Pengelolaan Hutan Lestari (PHL)

Yang kami lakukan

Di tingkat nasional dan sub nasional, FORCLIME menyediakan dukungan pengembangan kapasitas sumber daya manusia untuk mendukung terwujudnya pengelolaan hutan lestari yang mampu memberikan manfaat bagi sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat serta mendukung upaya pengurangan emisi gas rumah kaca di sektor kehutanan. Pendampingan program FORCLIME diarahkan pada: (1) Pengembangan kebijakan dan standar terkait dengan kapasitas sumber daya manusia; (2) Penguatan kapasitas manajemen lembaga pendidikan dan pelatihan (khususnya Pusat Pendidikan dan Latihan Lingkungan Hidup dan Kehutanan - Pusdiklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan - LHK di Bogor); dan (3) Pengembangan pelatihan yang terkait dengan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan mitigasi perubahan iklim sektor kehutanan melalui pelatihan di dalam kelas dan dengan menggunakan metoda campuran antara di dalam kelas dan dalam jaringan (daring-online).

Pendampingan program FORCLIME tersebut sejalan dengan kebijakan Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia bidang kehutanan dalam rangka menghadapi tantangan globalisasi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Hal tersebut juga selaras dengan visi Pusdiklat LHK untuk menjadi “center of excellence” dalam pengembangan Diklat Kehutanan di tingkat ASEAN.

Pengembangan program Diklat kehutanan dimasa depan diarahkan dengan menggunakan pendekatan Competence Based Training (CBT) dan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang tertuang dalam Peraturan Presiden No. 8 Tahun 2012 dan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sektor kehutanan. Dalam pendekatan CBT ini, program kegiatan Diklat diarahkan untuk mampu memberikan kompetensi (keahlian) sesuai dengan kompetensi standar pada masing-masing jabatan.

Yang ingin kami capai

Tujuan Program FORCLIME dalam bidang strategis Human Capacity Development adalah untuk tercapainya kondisi untuk peningkatan kapasitas staf KPH.

Indikator capaian program sampai dengan tahun 2019 adalah:
  1. Kebutuhan pelatihan seperti yang dihasilkan dari survei perbedaan gender telah diintegrasikan ke dalam dua modul pelatihan yang telah direvisi Pusdiklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan BDK.80% dari keseluruhan staf di empat percontohan KPH telah menerima pelatihan internal yang terkait dengan pengelolaan KPH oleh staf yang memiliki kualifikasi yang sesuai.

Bagaimana kami bekerja

Advisor Program FORCLIME didukung konsultan akan memfasilitasi proses penguatan manajemen lembaga Diklat (khususnya Pusdiklat LHK Bogor dan BDK LHK Samarinda) dan memfasilitasi proses “elevator system”. Dalam hal ini proses “top-down” dilakukan dalam bentuk pengembangan peran Pusdiklat LHK untuk pengembangan sistem pelatihan, penyiapan tenaga Widyaiswara yang professional dan memberikan bantuan teknis untuk lembaga Diklat di daerah. Sedangkan proses “bottom up” dilaksanakan dalam bentuk penyelenggaraan diklat yang terdesentralisasi di daerah. Pembelajaran (lesson learned) dari daerah digunakan untuk penyempurnaan bahan ajar serta kebijakan di tingkat pusat. Dalam proses bottom up ini, akan didorong peran serta para pihak lainnya untuk memberikan masukan bagi penyempurnaan kebijakan dan bahan ajar yang dikembangkan Bogor.