Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of Germany

MSC book Ind

Program-program pembangunan yang ada saat ini mengarah pada “orientasi terhadap dampak”, mulai dari perencanaan hingga evalusianya. Orientasi ini bertujuan agar program pembangunan menjadi lebih efektif dan transparan. Terlebih lagi, kejra sama internasional juga sebagai alat untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG) yang ditetapkan PBB, yang hasilnya diharapkan memberikan dampak yang lebih luas bagi masyarakat.  Untuk itu FORCLIME Modul Kerja Sama Teknis melakukan kajian monitoring dengan menggunakan metode Perubahan Paling Signifikan (Most Significant Change - MSC). Teknik ini adalah bentuk M&E kualitatif dan partisipatif yang didasarkan pada pengumpulan cerita, pemilihan cerita secara sistematis dan analisis cerita-cerita perubahan penting dalam kehidupan seseorang atau sekelompok orang sebagai hasil dari kegiatan-kegiatan pembangunan.

Kisah-kisah dari hasil MSC dikumpulkan dalam buku: Potret Perubahan FORCLIME. Pemantauan Dampak Program Hutan dan Perubahan Iklim (FORCLIME), Modul Kerja Sama Teknis.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Georg Buchholz, Direktur Program FORCLIME.

Berita

Kumpulan berita...

Acara Mendatang

6-17 November 2017. UNFCCC COP 23

Bonn, Nordrhein-Westfalen, Germany

The 23rd session of the Conference of the Parties (COP 23) to the UN Convention on Climate Change (UNFCCC) will be organized by Fiji and hosted at the headquarters of the UNFCCC secretariat in Bonn, Germany.

Selengkapnya...

Kumpulan acara...