1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2023 08 11 Raker Ekoregion Papua pp

Dalam rangka meningkatkan koordinasi dan sinergi pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan di ekoregion Papua, Pusat Pembangunan Ekoregion (P3E) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyelenggarakan Rapat Kerja Pembangunan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ekoregion Papua pada tanggal 10 – 11 Agustus 2023 di Merauke, Papua Selatan. Acara yang dibuka oleh Pj. Gubernur Papua Selatan, Dr. Ir. Apolo Safanpo, juga dihadiri oleh Sekjen KLHK, Dr. Bambang Hendroyono, dan pejabat eselon II KLHK, kepala dinas serta seluruh kepala unit pelaksana teknis KLHK di Tanah Papua. Rapat kerja tersebut dilaksanakan untuk menyelaraskan program kegiatan di tingkat tapak dalam upaya pelestarian sumber daya alam dan lingkungan.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Papua Selatan mengingatkan bahwa dalam pengelolaan sumber daya alam harus diprioritaskan untuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia, "Sumber daya alam harus dimanfaatkan secara bijak, dengan terus meningkatkan kapasitas SDM".

Dalam notulensi rapat kerja dijabarkan mengenai kegiatan FORCLIME 4.0 di Tanah Papua serta harapan untuk melanjutkan berbagai kegiatan pendampingan untuk Kelompok Tani Hutan/Kelompok Usaha Perhutanan Sosial. Termasuk juga Identifikasi Kebutuhan Diklat terkait dengan perpetaan bagi staf Perencanaan Hutan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH). Selain itu, juga mengenai rencana tentatif pengembangan kompetensi oleh FORCLIME yang akan melanjutkan berbagai kegiatan pendampingan bagi Kelompok Tani Hutan/Kelompok Usaha Perhutanan Sosial di Provinsi Papua (bekerja sama dengan Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Papua, Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan-BPSKL- Maluku dan Papua, dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam-BBKSDA- Papua) dan Papua Barat Daya (bekerja sama dengan BPSKL Maluku dan Papua, KPH Tambrauw, KPH Sorong Selatan), serta pelatihan Sistem Informasi Geografis bagi staf Perencanaan Hutan KPH di Provinsi Papua dan Papua Barat Daya.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Pipin Permadi, Advisor Senior bidang Kebijakan Kehutanan
Mohammad Sidiq, Manajer bidang strategis, Pengelolaan hutan lestari dan Koordinator Tanah Papua

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz