1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2023 09 08 Sosialisasi SOP eLearning KLHK wh 1

Pusat Diklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dan Balai Pelatihan LHK bersama FORCLIME mengembangkan Standard Operating Procedure (SOP) untuk pelaksanaan eLearning di lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Pengembangan SOP ini dilakukan melalui lokakarya di Bogor pada tanggal 7 – 8 Agustus 2023 yang diikuti sekitar 50 peserta yang terdiri dari pejabat struktural, widyaiswara dan staf administrasi Pusat Diklat SDM LHK dan Balai Pelatihan LHK. Penyusunan SOP ini dibantu oleh Common Sense, sebuah lembaga konsultan yang berpengalaman dalam hal pengembangan kapasitas untuk digital learning dan penciptaan konten pembelajaran.

Isu-isu penting yang dibahas dalam lokakarya ini mencakup: 1) Menentukan tujuan dan indikator eLearning dan prosesnya; 2) Mendapatkan pemahaman yang jelas tentang peran yang berbeda dan peran para pihak; 3) Memahami berbagai siklus eLearning; serta 4) Mengumpulkan informasi yang relevan sebagai dasar penyusunan SOP.

Dalam sesi pembukaan, Kepala Pusat Diklat SDM LHK, Ibu Dr. Kusdamayanti menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada GIZ yang telah setia mendampingi serta mengawal program eLearning di Pusat Diklat SDM LHK sejak tahun 2014. “Saat ini Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BP2SDM) tengah mempersiapkan Massive Open Online Course (MOOC) dengan topik Pengarusutamaan Gender (PUG). Setelah SOP eLearning ini rampung, dapat diterapkan dan selanjutnya GIZ dapat mendukung pengembangan MOOC di masa yang akan datang.” kata Ibu Kusdamayanti.

Lokakarya penyusunan SOP eLearning akan ditindaklanjuti dengan kegiatan yang sama di Makassar pada tanggal 10 Agustus 2023, khusus membahas SOP penyelenggaraan eLearning di tingkat Balai Pelatihan LHK. Acara di Makassar ini akan mengundang pejabat struktural, widyaiswara, staf administrasi Balai Pelatihan LHK Makassar dan guru dari SMK Kehutanan Negeri Makassar.

Hasil penyusunan SOP eLearning ini akan didokumentasikan dalam buku panduan eLearning, sebagai pedoman bagi para pihak dalam pengembangan eLearning di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Wira Nastainul Hakim, Advisor Junior, Pengembangan SDM
Edy Marbyanto, Manajer bidang strategis, Pengembangan SDM

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz