1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2022 10 20 Training on GIS Basic Level Ottow Geissler University Papua dp

Sebagai bagian dari pengembangan kapasitas sumber daya manusia, Universitas Ottow Geissler Papua, didukung FORCLIME, mengadakan pelatihan Sistem Informasi Geografis (SIG) dan Pemetaan. Kegiatan ini merupakan pelatihan SIG tingkat dasar dengan menggunakan aplikasi berbasis bebas dan sumber terbuka – QGIS. Pelatihan yang dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian, Kehutanan dan Kelautan, Universitas Ottow Geissler Papua, Ir. Simon H. Nenepath, M.Si., diselenggarakan pada tanggal 17 hingga 20 Oktober 2022 di Kampus Universitas Ottow Geissler Papua (UOGP) di Jayapura, Provinsi Papua. Narasumber pelatihan ini adalah advisor FORCLIME, yaitu Advisor Remote Sensing/GIS dan e-Learning, Danan P. Hadi, dan Advisor Junior bidang GIS dan Pementaan, Ruben Yogi.

Secara umum, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dosen dan mahasiswa di bidang SIG dan Pemetaan untuk mendukung pengembangan Pusat Keunggulan untuk Sistem Informasi Geografis dan Pemetaan (Center of Excellence GIS & Mapping) di Universitas Ottow Geissler Papua (UOGP).

Sejak 2021 Universitas Ottow Geissler Papua dan FORCLIME telah bersinergi dalam mendorong pendirian dan pengembangan Pusat Keunggulan untuk SIG dan Pemetaan sebagai pusat layanan SIG dan pemetaan berbasis perguruan tinggi di Provinsi Papua yang berpusat di Fakultas Pertanian, Kehutanan dan Kelautan UOGP. Pusat Keunggulan ini diharapkan dapat memberi layanan geospasial kepada akademisi, pemerintah daerah, masyarakat dan sektor swasta terkait dengan perencanaan tata ruang, pengelolaan hutan dan konservasi keanekaragaman hayati.

“Sebagai pengajar Ekonomi Regional, materi pelatihan ini dapat diaplikasikan untuk memetakan persoalan-persoalan terkait dengan ekonomi regional”, kata Amsal Ilindamon, S.Sos, M.Si., Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ottow Geissler Papua. Berharap FORCLIME dapat memberikan pelatihan berikutnya yang lebih mendalam untuk pengembangan SDM di lingkungan kampus UOG Papua, tambahnya.

Pelatihan ini akan ditindaklanjuti dengan sesi Pelatihan Sistem Informasi Geografis tingkat lanjut .

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Danan P. Hadi, Advisor bidang Remote Sensing/GIS dan eLearning
Ruben Yogi, Advisor Junior bidang GIS dan Pementaan
Edy Marbyanto, Manajer Bidang Strategis, Pengembangan Kapasitas SDM

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz