1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2022 07 21 Establishment KUPS Sintuwu Singgani in LPHD Doda my 3

Sebagai tahap lanjutan dari Kegiatan Penguatan Kelembagaan Kelompok Perhutanan Sosial (KPS) pada Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Doda, Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah melalui unit pelaksana teknis Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kulawi bersama FORCLIME mengadakan pertemuan pada tanggal 21 Juli 2022 di Desa Doda, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Pertemuan yang dibuka oleh Kepala Desa Doda, Erik, bertujuan untuk penguatan kelembagaan Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) melalui pembentukan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS), yang kemudian diberi nama Sintuwu Singgani, yang artinya bersatu bersama. Pilihan nama ini digunakan dengan harapan agar supaya KUPS yang sudah dibentuk ini dapat menjadi satu kekuatan bersama dalam memaksimalkan perannya untuk kesejahteraan masyarakat Desa Doda. Selanjutnya KUPS Sintuwu Singgani akan pengelola usaha pengolahan biji kemiri. Sebagai langkah awal, KPH Kulawi menyediakan alat pemecah biji kemiri yang saat ini berada di kantor KPH Kulawi, dan siap dimobilisasi ke Sekretariat KUPS di Desa Doda, Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi.

Setelah pertemuan ini LPHD Desa Doda, difasilitasi FORCLIME, akan menyusun Surat Keputusan Kepala KPH Kulawi tentang Pembentukan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial Sintuwu Singgani, sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Perhutanan Sosial. Selanjutnya KUPS Sintuwu Singgani akan melakukan pertemuan berkala sebagai sarana komunikasi dan koordinasi dalam pengelola lembaga tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Muhammad Yusuf, Junior Advisor, Perhutanan Sosial dan Pengelolaan Hutan Lestari
Ismet Khaeruddin, Advisor Senior, Focal Point Keanekaragaman Hayati KFW Forest Program 3 dan Koordinator Provinsi Sulawesi Tengah

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz