1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2021 12 09 Kick Off Pendampingan Monev eLearning oleh common sense wh 1

Pada hari Kamis, 9 Desember 2021, Pusdiklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama GIZ dan Common Sense mengadakan Kick Off Meeting terkait Rencana Pendampingan Pengembangan E-Learning di lingkup Pusdiklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BD LHK) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kehutanan untuk beberapa tahun kedepan. Pertemuan dilaksanakan pada pukul 13.30-16.30 WIB (7.30-10.30 Vienna Time) via daring. Pertemuan ini dibuka oleh Plt. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BP2SDM) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Ibu Mariana Lubis.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut pendampingan dari GIZ terhadap pengembangan e-Learning di Pusdiklat SDM LHK yang telah dimulai sejak 2014. Kegiatan pendampingan ini berfokus kepada peningkatan kapasitas untuk tingkat manajemen, trainer, tim administrasi dan penyelenggara pelatihan untuk program pengembangan e-learning di Pusdiklat SDM LHK. Pendampingan ini akan dilakukan oleh Common Sense, lembaga konsultan yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam hal pengembangan kapasitas untuk digital learning dan penciptaan konten pembelajaran. Saat ini, common sense telah bekerja lebih dari 60 negara di seluruh dunia.

Untuk mengumpulkan data awal terkait dengan kondisi pembelajaran melalui E-Learning, GIZ bersama dengan Common Sense memfasilitasi diskusi dengan menggunakan aplikasi Mentimeter Wordcloud dan Padlet. Dari aplikasi yang digunakan, para peserta dapat berkontribusi secara aktif dalam memberikan informasi terkait penulisan visi, tujuan dan hasil yang diinginkan untuk masa depan e-learning. Selanjutnya, para peserta diminta untuk menganalisis kebutuhan para pemangku kepentingan di lingkup Pusdiklat SDM LHK untuk pengembangan e-Learning.

Kick-off meeting ditutup dengan penyusunan Rencana Tindak Lanjut, berupa pembentukan tiga kelompok kerja, yaitu: a) Tim Evaluasi Learning Management System/LMS; b) Tim penilaian kompetensi pembelajaran secara digital untuk Widyaiswara; dan c) Tim pengembangan dan pemilihan konten e-learning.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Wira Hakim, Advisor Junior bidang pengembangan kapasitas SDM
Edy Marbyanto, Manajer bidang strategis, pengembangan kapasitas SDM

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz