1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2019 09 27 study tour to Malabar Coffee

Dalam rangka mendukung pengembangan kewirausahaaan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan Program Perhutanan Sosial, FORCLIME bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Utara dan Provinsi Kalimantan Barat melakukan studi banding ke perkebunan kopi Malabar Mountain Coffee di Pangalengan (Jawa Barat) pada tanggal 29 September - 4 Oktober 2019. Tujuan kunjungan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas mitra kerja di kedua provinsi dalam budidaya dan pengembangan bisnis kopi. Sebanyak 30 orang, yang mewakili Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Utara dan Provinsi Kalimantan Barat (termasuk KPH), Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BDLHK) Samarinda, FORCLIME, dan kelompok tani hutan dari kedua provinsi, mengikuti studi banding ini.

Selama studi banding, peserta mendapat pengetahuan mengenai: Teknik budidaya kopi, Konservasi dan pemanenan berkelanjutan, Pemberdayaan masyarakat dalam budidaya kopi, Pengolahan pascapanen, Pengembangan produk dan pasar.

Kunjungan lapangan ditutup dengan evaluasi dan peserta menyusun rencana tindak lanjut untuk mempraktikan apa yang diperoleh selama studi banding di wilayah kerjanya masing-masing.

Untuk informasi yang lebih lanjut, silakan hubungi:
Mohammad Sidiq, Koordinator Provinsi Kalimantan Utara
Jumtani, Koordinator Provinsi Kalimantan Barat
Chichy Arofah Waita, siswa magang Universitas Papua

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz