1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2023 01 19 Hasil Identifikasi Kebutuhan Diklat SDM KPH di Papua dan Papua Barat em 1

Pada bulan September – Desember 2022, FORCLIME telah melaksanakan Identifikasi Kebutuhan Diklat (Training Need Assessment-TNA) untuk personel Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Hasil TNA tersebut dipresentasikan kepada Balai Pelatihan Lingkungan Hidup Makassar pada tanggal 19 Januari 2023, karena Provinsi Papua dan Papua Barat merupakan bagian dari wilayah pelayanan Balai Pelatihan LHK Makassar. Kajian Kebutuhan Pengembangan Kapasitas KPH di Provinsi Papua dan Papua Barat dilakukan dengan menggunakan capacity development strategy yang mencakup kajian tingkat: sistem dan kebijakan; organisasi; dan individu/SDM. Hasil TNA ini diharapkan dapat dijadikan acuan oleh Pusat Diklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Pusat Diklat SDM LHK), Balai Pelatihan LHK di daerah, Dinas Kehutanan Provinsi, dan pemangku kepentingan lainnya untuk mengembangkan program pengembangan kapasitas personel KPH di kedua provinsi tersebut. Hal penting yang mengemuka dalam presentasi dan diskusi ini adalah (1) Keterbatasan jumlah SDM dibandingkan luas wilayah kelola; (2) Perlunya penguatan kapasitas KPH dalam penyusunan perencanaan hutan (inventarisasi, rencana pengelolaan hutan-RPHJP dll); serta (3) Perlunya penguatan kapasitas SDM KPH untuk pemberdayaan masyarakat. Di tingkat organisasi, tata hubungan kerja KPH dengan institusi lain perlu dirumuskan dengan lebih jelas dan ketersediaan anggaran untuk implementasi Rencana Pengelolaan Hutan Jangka Panjang (RPHJP) oleh KPH perlu ditingkatkan.

Dalam pertemuan tersebut, Koordinator Widyaiswara Balai Pelatihan LHK Makassar, Dr.Sujarwo, S.Pd, M.Si., menyampaikan terima kasih atas hasil TNA yang telah dilakukan oleh FORCLIME. Menurutnya, kedua provinsi tersebut mempunyai karakter sosial budaya yang unik sehingga perlu analisis mendalam dan pen-dekatan yang tepat.

Tindak lanjut dari pertemuan ini adalah akan dilaksanakan seminar yang akan menyampaikan hasil TNA ini, dengan mengundang Dinas Kehutanan dan KPH dari kedua provinsi, Pusat Diklat SDM LHK, Balai Pelatihan LHK Makassar dan direktorat teknis yang membidangi pembangunan KPH.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Edy Marbyanto, Manajer Bidang Strategis, Pengembangan Kapasitas SDM
Daniel Maertz, Advisor bidang Pendidikan dan Pelatihan Orang Dewasa

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz