1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2022 11 25 Basic Training Coaching Digital Marketing eCommerce Management Papua wh 2 2

Salah satu kebutuhan peningkatan kapasitas yang dibutuhkan oleh entitas lokal adalah pengembangan usaha bisnis (business development). Oleh karenanya, Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (Dinas KLH) Provinsi Papua, didukung FORCLIME, mengadakan Pelatihan Dasar dan Pendampingan mengenai Digital Marketing dan eCommerce Management. Rangkaian kegiatan ini telah dimulai sejak tanggal 25-28 Oktober 2022 untuk pelatihan dasar, dan 23-25 November untuk pendampingan dasar di Jayapura. Peserta yang hadir pada dua batch kegiatan ini berjumlah 40 orang, yang mewakili KPH dan CDK di Provinsi Papua, pengelola Galeri Kreatif Kehutanan, kelompok tani hutan dari kampung dukungan FORCLIME.

Perbedaan yang mendasar antara kegiatan pelatihan dan pendampingan, yaitu: dalam sesi pelatihan dasar, pengajar lebih banyak memberikan materi/teori kepada peserta, sedangkan dalam pendampingan, peserta diharapkan mampu mengambil bagian lebih besar dengan mempraktikkan materi/teori yang disampaikan oleh Tim Pengajar.

Pemerintah Provinsi Papua mencanangkan sektor kehutanan untuk dapat memaksimalkan sumber daya alam bagi masyarakat yang berada di sekitar kawasan hutan. Menurut data, jika dibanding dengan hasil hutan kayu, yang cenderung merusak hutan, hasil hutan bukan kayu (HHBK) lebih ramah menjaga hutan, juga justru dapat menghasilkan miliaran rupiah dari dalam mengelola HHBK”, kata Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua, Jan Jap Ormuseray, S.H, M.Si., pada saat pembukaan pelatihan. “Melalui narasumber, kita bisa belajar digital marketing agar dapat membantu pemasaran HHBK yang sudah dibina. Hal ini dapat menjadi solusi untuk peningkatan penghasilan masyarakat”, tambahnya.

Peserta pelatihan mendapatkan pengetahuan mengenai: Digital marketing dasar, pemasaran produk, optimasi media sosial, eCommerce management melalui marketplace.

Setelah pelatihan dasar, selanjutnya adalah kegiatan pelatihan dan pendampingan lanjutan yang akan dilaksanakan pada tahun 2023.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Wira Hakim, Advisor Pengembangan Kapasitas SDM
Edy Marbyanto, Manajer Bidang Strategis, Pengembangan Kapasitas SDM

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz