1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2021 12 08 Persiapan Integrasi Web MRV REDD kalbar dengan Web MRV Nasional jum 4

Di tahun 2021, Pokja REDD+ Kalimantan Barat melakukan peningkatan kualitas pemantauan dan pelaporan aktivitas terkait penurunan emisi di Kalimantan Barat melalui pembuatan website Monitoring, Reporting, and Verification (MRV), yang juga dimanfaatkan untuk mempublikasikan hasil kerja Pokja. Hasil pelaporan ini nantinya akan disampaikan ke dalam Sistem Registri Nasional (SRN) milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Untuk mengefektifkan alur pelaporan, Pokja REDD+ Kalimantan Barat bermaksud untuk mengintegrasikan website MRV Kalimantan Barat ke SRN.

Dengan dukungan FORCLIME, pertemuan persiapan integrasi website ini dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 2021 di Sekretariat Pokja REDD+ Kalimantan Barat. Pertemuan dibuka oleh Kepala Bidang Penataan dan Pengawasan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Kalimantan Barat, Ibu Yenny S.Hut, MT, yang juga merupakan anggota Pokja REDD+ Provinsi Kalimantan Barat.

Pertemuan ini menghasilkan penyempurnaan beberapa menu dalam website, termasuk membuka akses kepada para pihak lingkup Provinsi Kalimantan Barat untuk dapat mengisi laporan secara mandiri terkait aksi mitigasi dan adaptasi yang telah dilakukan.

Sebagai tindak lanjut, akan dilaksanakan pertemuan lanjutan dengan Direktorat Inventarisasi Gas Rumah Kaca dan Monitoring Pelaporan dan Verifikasi, Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, KLHK untuk mendiskusikan strategi integrasi website MRV provinsi ke dalam web nasional.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Yenny, S.Hut, MT, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat, anggota Pokja REDD+ Kalimantan Barat
Jumtani, Advisor Bidang Pengelolaan Hutan Lestari dan Focal Point GCF
Wandojo Siswanto, Manajer Bidang Strategis, Kebijakan Kehutanan dan Perubahan Iklim

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz