1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2021 12 08 Penilaian METT di TN Wasur tr 1

Untuk mengetahui sejauh mana tingkat keefektifan pengelolaan kawasan, Taman Nasional Wasur melakukan penilaian yang dilakukan secara bersama-sama para pihak agar hasilnya obyektif. Penilaian pengelolaan, menggunakan pendekatan Management Effectiveness Tracking Tool (METT), dilaksanakan pada tanggal 7 dan 8 Desember 2021 di Merauke, Papua. Kegiatan yang didukung FORCLIME ini, dibuka oleh Kepala Balai Taman Nasional Wasur, Yarman, S.Hut., MP., dihadiri oleh mitra pembangunan di Provinsi Papua, termasuk akademisi, LSM, masyarakat lokal. Sedangkan sebagai fasilitator pelaksanaan METT adalah Dr. Peggy Awanti Nila Krisna, S.Hut.,M.E dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan , selain itu, juga Senior Advisor FORCLIME, Dr. Ismet Khaeruddin.

Selain untuk melihat tingkat kefektifan pengelolaan kawasan, penilaian ini juga bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi permasalahan, gangguan, dan ancaman dalam pengelolaan taman nasional. Sehingga dapat melakukan penerapan manajemen adaptasi sesuai nilai permasalahan.

Penilaian ini tidak berkaitan dengan hasil kerja taman nasional, tetapi untuk mengetahui apa saja yang sudah dilakukan termasuk juga program-program yang dilakukan oleh mitra-mitra Taman Nasional Wasur. Sehingga penilaian ini memberi peluang bagi mitra-mitra untuk mengembangkan program prioritas yang sesuai untuk kepentingan pengelolaan TN Wasur yang lebih baik.

Tindak lanjut dari kegiatan dua hari ini adalah menyiapkan resume hasil penilaian METT yang kemudian akan diajukan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk penetapan nilai METT Taman Nasional Wasur tahun 2021.

Untuk informasi yang lebih lanjut, silakan hubungi:
Theodora F. Resubun, Advisor pengelolaan hutan lestari dan Koordinator Provinsi Papua
Mohammad Sidiq, Manajer bidang strategis, Pengelolaan hutan lestari dan Koordinator Provinsi Papua

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz