1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Berau Barat dan KPH Gularaya, bersama-sama dengan perwakilan dari Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) di Samarinda, Pontianak dan Palu serta perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melakukan diskusi bersama dengan ahli dari Universitas Göttingen/Forest Eye Research dari Jerman mengenai pedoman inventarisasi hutan pada tingkat KPH. Diskusi ini dilakukan dalam rangka memperbaiki pedoman yang telah ada sebelumnya.

Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 9-13 November di Bogor, terutama mendiskusikan (i) kemungkinan untuk meningkatkan efektivitas metodologi inventarisasi seraya mengurangi biaya pelaksanaannya; dan (ii) mengidentifikasi tujuan praktik inventarisasi untuk KPH termasuk memformulasikan dengan jelas tujuan dari pelaksanaan inventarisasi.

Diskusi dilakukan pada hari pertama yang kemudian diikuti dengan tiga hari pelatihan praktik. Pelatihan meliputi beberapa topik, termasuk Sistem Informasi Geografis (GIS) dan pengelolaan data untuk Remote Sensing. Pelatihan ini dilengkapi dengan kunjungan lapangan ke kawasan hutan terdekat. Selama kunjungan lapangan para peserta diperkenalkan pada berbagai perangkat pengukuran hutan dan teknik penggunaannya.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Tobias Goedde, Strategic Area Manager for Sustainable Forest Management

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz