1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

 

Direktorat Inventarisasi dan Pemantauan Sumberdaya Hutan (IPSDH), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerja sama dengan FORCLIME menyelenggarakan Focus Group Discussion membahas Petunjuk Teknis Metode Inventarisasi Bambu dan Rotan pada tanggal 17 dan 21 Oktober 2019 di Bogor, Jawa Barat. Tujuannya adalah untuk menggali masukan-masukan untuk memperbaharui Pedoman Inventarisasi Bambu dan Rotan yang selama ini berlaku. Adanya dinamika kebijakan, dinamika sosial di lapangan dan dinamika teknologi menuntut pedoman yang ada perlu diperbaharui agar lebih efektif dan efisien.

Diskusi ini diikuti oleh 60 peserta yang mewakili KLHK, peneliti, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), universitas dan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH). Dari diskusi ini diperoleh kesimpulan: (1) Indonesia mempunyai potensi bambu dan rotan yang bernilai tinggi, namun lemah dalam pengelolaan data potensi, data produksi dan data sebaran; (2) Dinamika sosial di lapangan sangat tinggi namun data rotan dan data bambu tidak diperbaharui sehingga validitasnya sering diragukan; (3) Lemahnya data mengakibatkan pemerintah kesulitan mengembangkan kebijakan yang mendukung; (4) Di tingkat lapangan, lemahnya data potensi mengakibatkan KPH dan pelaku usaha kesulitan mengembangkan bisnis rotan dan bambu secara berkelanjutan; (5) Dinamika teknologi citra membuka peluang dikembangkannya metode inventarisasi rotan dan bambu skala luas dengan biaya yang lebih efisien; (6) Terdapat beberapa inisiatif pengembangan metodologi inventarisasi bambu dan rotan.

Sebagai tindak lanjut, Direktorat IPSDH akan mengadakan seri pertemuan, konsultasi publik dan uji coba hingga tersusun Petunjuk Teknis Inventarisasi Bambu dan Rotan. Petunjuk teknis ini diharapkan akan diberlakukan pada tahun 2020.

Untuk informasi lebih lanjut, silaka hubungi:
Wandojo Siswanto, Manajer bidang strategis, kebijakan kehutanan
M. Rayan, Advisor lintas bidang strategis
Edy Marbyanto, Manajer bidang strategis, pengembangan SDM

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz