1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2019 07 12 training drone Kalbar

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui direktorat teknis (Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan-PKHL; dan Inventarisasi dan Pemantauan Sumber Daya Hutan-IPSDH) bekerja sama dengan FORCLIME mengadakan pelatihan Pengoperasian Drone untuk Pemetaan Areal Bekas Kebakaran Hutan dan Lahan pada tanggal 16-17 Juli 2019 di Pontianak, Kalimantan Barat. Pelatihan, bertujuan untuk memperoleh data yang lebih akurat dan valid, diikuti oleh 24 orang perwakilan dari Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat, DAOPS Manggala Agni, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kubu Raya, dan Unit Pelaksana Teknis KLHK di Kalimantan Barat.

Dalam sambutannya, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan mengatakan bahwa para peserta diharapkan bisa mengajarkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama pelatihan kepada lingkungan sekitarnya.

Selama pelatihan peserta mendapatkan pengetahuan mengenai: (1) Cara menggunakan drone; (2) Peraturan mengenai pengoperasian drone; (3) Validasi hotspot vs areal bekas kebakaran; (4) Penggabungan data drone atau data lapangan; (5) Perencanaan penerbangan; (6) Pemrosesan gambar area bekas kebakaran; dan (7) Hasil pemrosesan data drone. Pada hari kedua, para peserta melakukan praktik menerbangkan drone dan mengolah data untuk pemetaan.

Untuk informasi yang lebih lanjut, silakan hubungi:
Audita Garry Yuliawan, siswa magang, Universitas Cendrawasih
Dr. Gamin, Widyaiswara Pusat Diklat SDM LHK
Gatot Moeryanto, Tenaga ahli senior, pengelolaan hutan

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz