1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

FORCLIME Modul Kerja Sama Teknis (Technical Cooperation-TC) menyelenggarakan lokakarya untuk koordinasikan dan sinkronisasi Rencana Kerja Tahunan 2019 dengan mitra-mitra nasional pada 29 Januari 2019 di Bogor. Mitra nasional diwakili oleh 13 anggota Komite Teknik Program (Programme Technical Committee-PTC), yang mewakili eselon 2 dari kementerian terkait, dan 14 mitra pelaksana dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Hasil Rapat PTC pada 28 Agustus 2018 dan Komite Pengarah Program (Programme Steering Committee-PSC) pada 4 Desember 2018 dipresentasikan dan dibahas. Para peserta merujuk hasil ini dengan mengembangkan dan mengusulkan kegiatan yang memerlukan dukungan dari FORCLIME-TC. Kemudian ususlan-usulan tersebut akan harmonisasikan oleh setiap manajer bidang strategis FORCLIME.

Kegiatan yang diusulkan termasuk: dukungan perencanaan hutan dan pengembangan kebijakan, sistem informasi tentang pengembangan operasional kesatuan pengelolaan hutan, pengembangan dan pengelolaan Taman Hutan Raya (Tahura), inventarisasi sumber daya hutan terkait MRV dan FREL di tingkat KPH, pendanaan mekanisme REDD+, mediasi konflik, dan pembangunan kapasitas. Oleh karena program ini akan selesai pada tahun 2020, beberapa kegiatan yang berkaitan dengan strategi keberlanjutan juga dibahas dan akan ditindaklanjuti dengan penyusunan publikasi terkait dampak dan pembelajaran pelaksanaan program.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Wandojo Siswanto, Manajer bidang strategis kebijakan hutan dan perubahan iklim
Mohammad Rayan, Advisor teknis bidang pengarusutamaan isu dan pengelolaan konflik

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz