1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2024 08 15 Harmonization of KLHK Strategic Plan 2014 2024 Monev Content fn

Biro Perencanaan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan baru-baru ini mengadakan rapat untuk menyelesaikan laporan pemantauan dan evaluasi rencana strategis 2014 – 2024. Acara yang didukung oleh FORCLIME ini diadakan pada tanggal 15 Agustus 2024 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta dan dipimpin oleh Kepala Biro Perencanaan, Dr. Edi Sulistyo Heri Susetyo. Diskusi tersebut dihadiri oleh perwakilan dari seluruh unit teknis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Pemantauan dan evaluasi (M&E) Rencana Strategis (Renstra) 2014 – 2024 bertujuan untuk memastikan pelaksanaan Renstra berjalan efektif. Laporan M&E memuat tinjauan menyeluruh atas kemajuan yang telah dicapai selama ini, menyoroti capaian-capaian utama, dan juga mengidentifikasi berbagai tantangan yang perlu diatasi. Rapat juga memvalidasi berbagai temuan dan merumuskan sejumlah rekomendasi yang bertujuan untuk menyempurnakan laporan M&E.

Laporan ini dibagi menjadi tiga volume yang membahas topik-topik spesifik berikut:

1. Pembelajaran dari Peran Struktural
Bagian ini menguraikan capaian Kementerian dari tahun 2014 hingga 2019, serta kemajuan Kementerian dari tahun 2020 hingga 2024 dan menyoroti berbagai capaian seperti membangun ketahanan iklim, memaksimalkan potensi ekonomi kehutanan dan sumber daya lingkungan, memastikan manfaat hutan yang adil bagi masyarakat, dan membangun tata kelola yang akuntabel. Volume ini juga membahas program berbasis masyarakat, sistem pemantauan dan evaluasi, serta pengakuan atas kontribusi luar biasa terhadap perlindungan lingkungan.

2. Kebijakan Korektif Tematik
Volume ini membahas tindakan kebijakan korektif selama satu dekade yang telah dilaksanakan terkait pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan Indonesia. Setiap bab memberikan analisis terperinci tentang kebijakan dan strategi khusus yang telah diadopsi untuk mengatasi tantangan lingkungan yang kritis, termasuk pengurangan deforestasi, peningkatan kondisi hutan dan lahan, pelestarian keanekaragaman hayati, dan peningkatan layanan ekosistem.

3. Memastikan Tindakan Utama yang Berkelanjutan
Volume ketiga ini menguraikan tindakan utama yang direkomendasikan yang perlu dipertahankan untuk memastikan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan. Setiap bab menawarkan rekomendasi dan strategi terperinci yang ditujukan untuk memastikan keberlanjutan jangka panjang.

Secara keseluruhan, rapat difokuskan pada upaya memastikan bahwa M&E laporan perencanaan strategis bersifat komprehensif, akurat, dan disajikan dengan baik. Melalui laporan ini, Kementerian bertujuan untuk memberikan penilaian yang berharga atas upaya perencanaan strategisnya dan untuk memberi tahu para pengambil keputusan di masa mendatang.

Selain itu, pertemuan juga membahas persiapan peluncuran laporan M&E yang dijadwalkan sekitar minggu kedua September 2024.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Fadhilatunnisa Nurhadiza, Advisor junior bidang pengelolaan hutan lestari
Mohammad Rayan, Advisor teknis lintas bidang dan pengelolaan konflik
Wandojo Siswanto, Manajer bidang strategis, kebijakan kehutanan dan perubahan iklim

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz