1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2024 06 14 Support on Achievement Motivation Training for Forest Farmer Groups my 2

Dalam upaya untuk meningkatkan motivasi para penggiat usaha kecil dan menengah, Dinas Kehutanan Sulawesi Tengah, didukung FORCLIME, mengadakan pelatihan untuk pengembangan diri (achievement motivation training – AMT). Pelatihan dua hari ini, diadakan pada tanggal 12 – 13 Juni 2024, dan dibuka oleh Sekretaris Dinas Kehutanan Sulawesi Tengah, Bapak Abdul Rahman, S.Hut. Pelatihan diikuti oleh 25 peserta yang merupakan perwakilan dari pengusaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), baik yang berasal dari Kelompok Tani Hutan (KTH), maupun Kelompok Perhutanan Sosial (KPS) yang telah memiliki produk hasil hutan bukan kayu. Melalui pelatihan AMT ini, peserta diharapkan dapat menggali potensi diri, mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka agar tahu bagaimana cara memaksimalkan kekuatan dan meminimalkan kelemahannya sehingga dapat menjadi pribadi yang berprestasi. Melalui pelatihan AMT ini dapat membentuk karakter wirausahawan yang tangguh, tidak suka mengeluh, selalu berpikir positif, mandiri, berdaya saing dan berakhlak mulia sehingga mampu mampu berprestasi dalam meningkatkan produktivitas usaha yang dijalankan.

Dalam pelatihan AMT, peserta memperoleh berbagai pengetahuan, antara lain:
- Pengenalan AMT. Peserta belajar untuk mengenal diri sendiri dan cara untuk dapat meningkatkan keterampilan yang dimiliki serta belajar dari pengalaman sendiri maupun keberhasilan orang lain.
- Inventarisasi Reaksi Sosial (IRS), yang digunakan untuk mengetahui kepribadian dan kemampuan individu. Dari sesi ini, peserta mendapatkan pengetahuan mengenai tiga jenis motif sosial: need of achievement, need of affiliation, need of power, yang dapat digunakan untuk menangani masalah, menjalin hubungan (bersosialisasi), dan mengendalikan orang lain.

Setelah pelatihan ini, para peserta diharuskan untuk membagikan pengetahuan yang diperolehnya kepada anggota kelompok, sehingga pemahaman dan pengetahuan merata di seluruh anggota.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Muhammad Yusuf, Advisor, Perhutanan Sosial dan Pengelolaan Hutan Lestari
Ismet Khaeruddin, Advisor Senior, Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Koordinator Provinsi Sulawesi Tengah

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz