1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2024 06 28 Monitoring Restocking Anggrek ah

FORCLIME mendukung perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah yang diselenggarakan atas kerja sama Pemerintah Kabupaten Sigi melalui Dinas Kehutanan dan Dinas Pariwisata, dengan SMAN 6. Dalam perayaan tersebut diadakan rangkaian kegiatan, termasuk menanam pohon dan pengembalian anggrek ke habitat alamnya (restocking). Kegiatan restocking anggrek dilaksanakan di Hutan Purba Ranjuri, yang sudah ditetapkan sebagai Taman Keanekaragaman Hayati di Sulawesi Tengah. Restocking anggrek di Hutan Purba Ranjuri bertujuan untuk pengayaan hutan tersebut, selain, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga hutan berserta isinya.

Untuk melihat perkembangan dan keadaan anggrek yang sudah dikembalikan ke hutan tersebut, Pemerintah Kabupaten Sigi, didukung FORCLIME, mengadakan kegiatan pemantauan (monitoring) yang dilaksanakan oleh SMAN 6 Kabupaten Sigi, dengan melibatkan murid, guru dan penanggung jawab restocking anggrek. Kegiatan monitoring ini dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kebupaten Sigi, bapak Heru Murtanto, S.Pd., dan akan dilakukan selama satu bulan, dimulai tanggal 28 Juni 2024 (Fase I). Kegiatan yang dilakukan adalah identifikasi anggrek yang ditanam, perawatan secara berkala dan pemupukan. Selain melihat perkembangan anggrek yang ditanam di Hutan Purba Ranjuri, dari kegiatan monitoring ini, juga akan dibuat panduan untuk restocking anggrek agar kelompok masyarakat yang berminat dapat melakukannya.

Monitoring restocking anggrek ini bertujuan untuk memastikan tanaman anggrek dapat tumbuh berkembang secara maksimal,” kata Wakil Kepala SMAN 6 bidang kurikulum, ibu Fitri Daryanti, S.Pd., M.Pd. “Kami juga menyampaikan terima kasih kepada GIZ yang telah mendukung program ini,” tambahnya.

Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah:
1. Akan dilakukan monitoring lanjutan untuk melihat perkembangan anggrek yang ditanam.
2. Sosialisasi mengenai proses restocking anggrek pada masyarakat di sekitar Hutan Purba Ranjuri.
3. Penyusunan laporan perkembangan proses restocking anggrek.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Arif Hidayat, Advisor Junior bidang Kehutanan dan Keanekaragaman Hayati
Ismet Khaeruddin, Advisor Senior, Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Koordinator Provinsi Sulawesi Tengah

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz