1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2024 07 04 Roadmap MOOC development

Pusdiklat SDM LHK bersama dengan GIZ dan Common sense telah melaksanakan studi penilaian (assessment) kesiapan Massive Open Online Course (MOOC) pada bulan Maret 2024. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, diusulkan untuk dilanjutkan dengan: 1) Pelatihan Training of Trainers (ToT) pelaksanaan MOOC, dan 2) Menyusun peta jalan (roadmap) implementasi MOOC bersama para pihak.

Dalam rangka menyusun roadmap pelaksanaan MOOC, Pusat Diklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan, didukung FORCLIME dan Common Sense, mengadakan FGD secara hybrid pada tanggal 3 – 4 Juli 2024. Diskusi ini dilakukan untuk menjaring pendapat berbagai pihak di lingkup Kementerian Lingkungan dan Kehutanan (KLHK), termasuk Pusat Diklat SDM LHK, serta Regional Community Forestry Training Center for Asia and the Pacific (RECOFTC) terkait rencana-rencana aksi pengembangan MOOC di masa depan, baik dari sisi kebijakan, infrastruktur, sumberdaya manusia dan pengembangan modul MOOC.

Hasil FGD ini sangat penting dan dapat berkontribusi pada perencanaan makro kegiatan pengembangan kompetensi SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” kata Kepala Pusat Diklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Kusdamayanti.

Hasil FGD akan didokumentasikan dalam laporan yang dapat dijadikan sebagai rekomendasi rencana aksi/peta jalan dan diintegrasikan dengan SOP MOOC yang saat ini sedang dibangun di Pusat Diklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Danan P. Hadi, Advisor bidang Remote Sensing/GIS dan eLearning
Edy Marbyanto, Manajer bidang Strategis Pengembangan Kapasitas SDM

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz