1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2024 07 05 Meeting dengan Kepala BP2SDM dan Pejabat lingkup BP2SDM KLHK em 1

Dalam rangka melaporkan progres pengembangan eLearning di Pusat Diklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang telah didukung GIZ, FORCLIME melakukan audiensi kepada Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BP2SDM) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Drs. Ade Palguna Ruteka, pada tanggal 5 Juli 2024 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, hadir Kepala Pusat Diklat Lingkungan Hidup, Kepala Pusat Penyuluhan, Kepala Pusat Pelatihan Generasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sekretaris BP2SDM, pejabat Pusat Perencanaan dan Pengembangan SDM serta Tim FORCLIME yang dipimpin oleh bapak Florian Moder, Direktur Program FORCLIME yang menggantikan bapak Georg Buchholz.

Dalam pertemuan tersebut, FORCLIME melaporkan bahwa kerja sama FORCLIME dengan Pusat Diklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Pusat Diklat SDM LHK) dalam pengembangan eLearning telah dilaksanakan sejak 2013. Berbagai upaya pengembangan kapasitas untuk tingkat-tingkat kebijakan, organisasi dan individu di Pusat Diklat SDM LHK dan Balai Pelatihan LHK (pejabat struktural, widyaiswara maupun tenaga administrasi) telah dilaksanakan selama satu dekade ini. Ketika pandemi COVID-19, Pusat Diklat SDM LHK dan Balai Pelatihan LHK tetap mampu memberikan pelayanan pelatihan kepada aparatus maupun non aparatus dengan menggunakan eLearning.

Lebih lanjut FORCLIME melaporkan bahwa pada tahun 2023, Pusat Diklat SDM LHK meminta dukungan untuk pengembangan Massive Open Online Course (MOOC). Yang kemudian ditindaklanjuti FORCLIME dengan melakukan kajian kesiapan Pusat Diklat SDM LHK dalam penyelenggaraan MOOC pada bulan Maret 2024. Dari kajian tersebut diperoleh sejumlah masukan yang terkait aspek kebijakan, manajerial, maupun teknis yang perlu intervensi dari pihak manajemen Pusat Diklat SDM LHK maupun BP2SDM. Perkembangan terakhir mengenai pengembangan MOOC adalah penyelenggaraan lokakarya untuk menyusun Roadmap Pengembangan MOOC serta Training of Trainer untuk pelaksanaan MOOC, yang keduanya dilaksanakan pada bulan Juli 2024.

Pada audiensi tersebut, beberapa unit kerja BP2SDM menyampaikan harapan dukungan FORCLIME dalam beberapa kegiatan, antara lain:

1. Dukungan pengembangan eLearning untuk program Sekolah Hijau Adiwiyata, yang disampaikan oleh Pusat Pelatihan Generasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
2. Dukungan pengembangan eLearning untuk meningkatkan kapasitas Penyuluh Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yang disampaikan oleh Pusat Penyuluhan.
3. Pusat Perencanaan dan Pengembangan (Pusrenbang) SDM telah melaksanakan training need assessment (TNA), yang laporannya dapat digunakan untuk pengembangan modul MOOC.
4. Dukungan untuk melakukan kajian terhadap peraturan dan kebijakan terkait dengan eLearning serta disesuaikan dengan peraturan yang berlaku sekarang, disampaikan oleh Bagian Hukum Sekretariat BP2SDM.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Edy Marbyanto, Manajer bidang Strategis Pengembangan Kapasitas SDM

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz