1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2024 07 05 ToT Pengembangan Massive Open Online Course MOOC na 2

Pusat Diklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengadakan training of trainers (ToT) pengembangan Massive Open Online Course (MOOC) pada tanggal 1 – 5 Juli 2024 secara hybrid. ToT ini merupakan kelanjutan dari pembelajaran mandiri (self-study) yang telah dilaksanakan pada bulan Juni lalu. Tujuan keseluruhan pelatihan ini agar peserta mampu merancang dan mengimplementasikan MOOC yang efektif dengan mengaplikasikan prinsip pembelajaran orang dewasa (andragogi). Pelatihan secara daring ditujukan untuk memberikan pengetahuan dasar terkait eLearning, dasar desain instruksional, maupun produksi media dalam pembelajaran digital. Sedangkan dalam pelatihan tatap muka peserta fokus merancang pelatihan MOOC, seperti diskusi, latihan, dan umpan balik sejawat (peer feedback). Pelatihan yang dibuka oleh Kepala Pusat Diklat SDM Lingkungan Hidup, Dr. Kusdamayanti, diikuti oleh 25 peserta yang merupakan widyaiswara dan administrator Learning Management System (LMS) dari Pusat Diklat SDM LHK dan beberapa Balai Pelatihan LHK. Penyelenggaraan pelatihan ini atas kerja sama Pusat Diklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan, FORCLIME dan Common Sense, lembaga konsultan yang sudah berpengalaman dalam pengembangan kapasitas untuk digital learning dan penciptaan konten pembelajaran.

Dalam pelatihan tatap muka, peserta membahas tiga modul pelatihan MOOC yang sedang disusun oleh Pusdiklat SDM LHK, yaitu:
1. Nilai Ekonomi Karbon/NEK.
2. ASN BerAKHLAK.
3. Tata Naskah Kedinasan.

FORCLIME mendukung pengembangan MOOC di Pusdiklat SDM LHK melalui kerja sama dengan Common Sense. Kerja sama ini bertujuan untuk mendukung implementasi pengembangan MOOC sebagai konsep pembelajaran eLearning yang lebih masif di KLHK.

Setelah ToT ini Pusat Diklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan melanjutkan dengan kegiatan:
• Sesi Online Coaching untuk mendampingi peserta mengembangkan modul MOOC (direncanakan Agustus/September).
• Peningkatan Learning Management System (LMS) untuk mendukung pengembangan MOOC (direncanakan antara Agustus -September).

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Naufal Abdillah, Junior Advisor bidang Pengembangan Kapasitas SDM
Danan P. Hadi, Advisor bidang Remote Sensing/GIS dan eLearning
Edy Marbyanto, Manajer bidang Strategis Pengembangan Kapasitas SDM

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz