1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2024 07 04 Review Revised RKTN 2011 2030 fn 2

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah mulai merevisi Rencana Kehutanan Nasional (RKTN) 2011 – 2030. Revisi ini dipandang penting untuk memastikan bahwa rencana tersebut tetap relevan, efektif dan sejalan dengan prioritas nasional dan komitmen internasional saat ini. Berdasarkan peraturan yang ada, Rencana Kehutanan harus dievaluasi pada saat pelaksanaannya untuk mengukur efektivitas dan efisiensi berbagai kegiatan yang telah ditetapkan dalam rencana tersebut. Evaluasi ini dilakukan setidaknya sekali setiap lima tahun, sedangkan proses revisinya mencakup evaluasi komprehensif terhadap rencana yang ada. Evaluasi tersebut mempertimbangkan setiap perubahan yang telah dilakukan terhadap peraturan, kebijakan, dan kinerja selama lima tahun terakhir guna memberikan peta jalan pembangunan kehutanan berkelanjutan di Indonesia hingga tahun 2030.

Sejalan dengan tujuan tersebut, Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (Ditjen PKTL) KLHK, didukung oleh Proyek FOLU Net Sink 2023 dan FORCLIME, menyelenggarakan pertemuan dua hari yang diadakan pada tanggal 2 – 4 Juli 2024 di Jakarta. Tujuan dari acara ini adalah untuk mengkoordinasikan dan menyelaraskan rencana dengan para pemangku kepentingan yang bergerak di bidang kehutanan, serta membahas arah, kebijakan, strategi dan sasaran pengelolaan hutan dan penyelenggaraan kehutanan. Tujuannya untuk menjaring masukan dari pihak-pihak terkait guna memberikan masukan bagi revisi RKTN periode 2011 – 2030.

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan ini, Ditjen PKTL akan menyelenggarakan serangkaian FGD guna menyempurnakan lebih lanjut dokumen tersebut, dengan melibatkan para pemangku kepentingan dan pakar terkait guna memastikan keakuratan, relevansi, dan keselarasan dokumen tersebut dengan tujuan pengelolaan kehutanan saat ini. dan kebijakan.\

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Fadhilatunnisa Nurhadiza, Advisor junior bidang pengelolaan hutan lestari
Mohammad Rayan, Advisor teknis lintas bidang dan pengelolaan konflik
Wandojo Siswanto, Manajer bidang strategis, kebijakan kehutanan dan perubahan iklim

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz