1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2024 06 13 Mendukung Hari Lingkungan Hidup Sedunia ah 2

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Kabupaten Sigi melalui Dinas Kehutanan dan Dinas Pariwisata berkolaborasi dengan SMAN 6 menyelenggarakan acara yang secara umum bertujuan untuk meningkatkan kesadartahuan masyarakat terkait lingkungan hidup. Acara tersebut diadakan pada tanggal 13 Juni 2024 di Hutan Purba Ranjuri, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Dalam perayaan tersebut diadakan rangkaian kegiatan, termasuk menanam pohon dan pengembalian (restocking) anggrek ke habitat alamnya di hutan, dalam hal ini di Hutan Purba Ranjuri, yang telah ditetapkan sebagai Taman Keanekaragaman Hayati di Sulawesi Tengah. Hutan ini hanya berjarak sekitar 13Km dari Kota Palu. Jarak yang tidak terlalu jauh dari ibukota memiliki potensi untuk pengembangan Hutan Purba Ranjuri.

Pelaksanaan perayaan ini bertujuan untuk:
- Meningkatkan penyadartahuan (awareness) masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan.
- Pengayaan Hutan Purba Ranjuri melalui kegiatan penanaman pohon dan restocking anggrek. Kegiatan restocking anggrek ini didukug oleh FORCLIME.
- Sosialisasi potensi alam di Kabupaten Sigi dalam rangka penyusunan grand design Hutan Purba Ranjuri.
- Meningkatkan pelibatan masyarakat di sekitar Hutan Purba Ranjuri untuk melindungi dan melestarikan hutan tersebut.

Jangan menunggu sumber daya alam kita rusak setelah itu baru tersadar, dan perlu diketahui bahwa sebesar apapun upaya, biaya dan tenaga yang kita keluarkan tidak dapat mengembalikan alam seperti sedia kala. Jadi jaga sumber daya alam kita sebelum rusak”, kata Koordinator Provinsi FORCLIME Sulawesi Tengah, Bapak Ismet Khaeruddin, saat mengingatkan kembali tentang pentingnya menjaga sumber daya alam yang harus juga dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Setelah kegiatan ini, kolaborasi antara Dinas Kehutanan dan Dinas Pariwisata serta SMAN 6 akan dilanjutkan dengan melanjutkan kegiatan Monitoring restocking anggrek dan menyusun program bersama masyarakat terkait kegiatan pelestarian dan perlindungan Hutan Purba Ranjuri.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Arif Hidayat, Advisor Junior bidang Kehutanan dan Keanekaragaman Hayati
Ismet Khaeruddin, Advisor Senior, Keanekaragaman Hayati dan Koordinator Provinsi Sulawesi Tengah

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz