1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2023 11 02 Meeting on GCF Mission to Indonesia jum 5

Dalam rangka koordinasi dan komunikasi mengenai proposal pendanaan iklim Provinsi Kalimantan Barat dari GCF, GIZ selaku Lembaga akreditasi menghadiri pertemuan para pihak terkait tingkat nasional, termasuk Sekretariat Green Climate Fund (GCF), Badan Kebijakan Fiskal, sebagai National Designated Authority (NDA), yang berfungsi sebagai penghubung utama dengan GCF, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat.

Pertemuan yang diadakan pada tanggal 2 November 2023 di Kantor KLHK di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta diawali dengan arahan Kepala Biro Perencanaan, Bapak Dr Apik Karyana, dilanjutkan dengan presentasi Provinsi Kalimantan Barat bersama GIZ yang menyampaikan serangkaian kegiatan dalam pengembangan proposal pendanaan iklim dan pengelolaan serta pemantauan program.

Dalam pertemuan tersebut dibahas perkembangan proposal yang disusun oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, didukung oleh GIZ, serta memastikan rencana proyek yang disusun sejalan dan merupakan bagian dari program kerja Indonesia.

Pertemuan bersama Sekretariat GCF ini menjadi tonggak penting bagi perjalanan proyek GCF Kalimantan Barat. Kehadiran Sekretariat GCF, NDA, KLHK, BPDLH, GIZ bersama Provinsi Kalimantan Barat menunjukkan komitmen dan dukungan para pihak terhadap proyek GCF ini”, kata Prof. Gusti Hardiansyah, dosen Universitas Tanjungpura, salah satu anggota Pokja REDD+ Provinsi Kalimantan Barat.

Rencana selanjutnya adalah menyampaikan proposal pendanaan iklim GCF kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mendapatkan rekomendasi proyek, yang kemudian diajukan ke Badan Kebijakan Fiskal sebagai NDA GCF Indonesia untuk mendapatkan No Objection Letter (NOL) sebelum proposal tersebut disampaikan ke Sekretariat GCF.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Jumtani, Advisor Bidang Pengelolaan Hutan Lestari dan Focal Point GCF Kalbar
Wandojo Siswanto, Manajer Strategis untuk Kebijakan Kehutanan dan Perubahan Iklim

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz