1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2023 07 13 Penyusunan RKPS LPHD di Distrik Seremuk Sorong Selatan ny

Dalam rangka mendorong Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) menyusun Rencana Kelola Perhutanan Sosial (RKPS) diadakan seri kegiatan bagi tujuh LHPD di Distrik Seremuk, Kabupaten Sorong Selatan, yaitu survei potensi hutan (10 – 11 Juli 2023) dan lokakarya penyusunan RKPS (12 – 13 Juli 2023) yang diadakan di Kantor Resor Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Sorong Selatan di Kampung Haha. Ketujuh LPHD tersebut berada di kampung-kampung: Haha, Wendi, Sira, Manggaroholo, Sasnek, Woloin, Boldon. Seri kegiatan tersebut merupakan kerja sama antara Dinas Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Pertanahan Provinsi Papua Barat Daya, Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (BPSKL) Maluku-Papua Seksi Wilayah II, KPHP Sorong Selatan dan GIZ FORCLIME.

Survei potensi hutan dilakukan untuk pengembangan potensi-potensi usaha yang datanya sangat berguna untuk penjaringan mitra untuk kerja sama usaha. Selain itu, agar LPHD dapat mengetahui dengan jelas batas wilayah kelola/kerja serta mereka dapat memetakan potensi hutan di wilayah mereka masing-masing. Hasil survei potensi ini sangat berguna saat penyusunan Rencana Kelola Perhutanan Sosial.

Acara lokakarya penyusunan RKPS dibuka oleh Kepala Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Maluku Papua, Bapak Ojom Somantri, S.Hut., M.Si., dan dihadiri oleh tujuh LPHD di Distrik Seremuk, Kepala Kampung Haha, Sekretaris Kampung Haha, Bamuskam Kampung Haha, tokoh pemuda dan kelompok perempuan Kampung Haha, Dewan Adat Kampung Haha, dan masyarakat Kampung Haha.

Dokumen final RKPS ini nantinya akan disyahkan oleh Kepala LPHD yang bersangkutan, Kepala KPH dan Kepala Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Maluku Papua.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Nita Yohana, Advisor Bidang Pengelolaan Hutan Lestari dan Koordinator Provinsi Papua Barat
Mohammad Sidiq, Manajer Bidang Strategis, Pengelolaan Hutan Lestari dan Koordinator Provinsi Papua dan Papua Barat

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz