1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2023 02 28 Koordinasi dg OGU magang Mahsiswa tr 2

FORCLIME telah mengadakan program magang bagi mahasiswa dari universitas di Tanah Papua sejak tahun 2019. Pada tahun 2022, sepuluh mahasiswa mengikuti program ini, termasuk satu dari Universitas Cenderawasih, dua dari Universitas Ottow Geissler Papua, satu dari Universitas Musamus Merauke, serta enam dari Universitas Papua. Program magang ini dikaitkan dengan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dan sistem pelaporan dari masing-masing universitas.

Setelah mengikuti program magang selama enam bulan di FORCLIME, Lasarus Mora dan Ledrik Buiney, mahasiswa Universitas Ottow Geissler Papua (OUGP) menyampaikan pengalaman mereka di depan Ketua Program Studi Kehutanan, para dosen dan mahasiswa tingkat akhir universitas tersebut pada tanggal 28 Februari 2023 di Ruang Pertemuan OUGP di Jayapura, Papua. Acara yang digelar secara hybrid (daring dan luring) ini juga dihadiri oleh dua manajer FORCLIME untuk bidang strategis Pengelolaan Hutan Lestari dan Pengembangan Kapasitas SDM, selain staf teknis FORCLIME yang berkantor di Papua.

Dalam presentasinya, Lasarus dan Ledrik menyampaikan pembelajaran apa saja yang mereka dapatkan selama magang. Mereka diikutsertakan dalam kegiatan-kegiatan teknis seperti proses: sosialisasi hutan adat dengan menerapkan prinsip-prinsip Free, Prior Informed Consent (FPIC); Perencanaan kawasan hutan dalam penyusunan dokumen Rencana Pengelolaan Jangka Panjang (RPHJP) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH); Penyusunan Rencana Kehutanan Tingkat Provinsi (RKTP) Papua; Penilaian efektifitas pengelolaan kawasan dengan menggunakan pendekatan Management Effectiveness Tracking Tools (METT); Pelatihan digital marketing dan e-commerce untuk pemasaran hasil hutan bukan kayu; dan juga upaya-upaya pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu yang dilakukan kelompok masyarakat di kampung dukungan.

Selama magang di FORCLIME, saya mempraktekkan langsung apa yang sudah dipelajari selama perkuliahan dan juga mempelajari hal-hal baru baru yang belum di dapat selama perkuliahan. Saya bersyukur lewat program ini, kapasitas dan keterampilan saya berkembang dan ini dapat menjadi modal saya kedepan jika terjun ke dunia kerja”, kata Lasarus Mora, salah satu peserta magang.

Pernyataan Lasarus tersebut dipertegas oleh Ketua Program Studi Kehutanan, Ir.Elisabeth Payung Allo,M.Si., bahwa melalui Program Magang FORCLIME, mahasiswa mendapatkan pengalaman untuk menerapkan ilmu yang didapat, selain itu, juga belajar hal lain yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan kapasitas mahasiswa dan merasakan dunia kerja yang sesungguhnya. “Perubahan besar adalah tingkat kepercayaan diri dari mahasiswa yang magang lebih terlihat”, tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Manajer FORCLIME bidang strategis Pengelolaan Hutan Lestari yang juga sebagai Koordinator Provinsi Papua dan Papua Barat, Mohammad Sidiq, menyampaikan bahwa FORCLIME sangat mendukung peningkatan kapasitas termasuk juga dengan universitas lokal yang ada di Provinsi Papua dan salah satunya adalah Universitas Ottow Geissler Papua. Dan program ini akan dilaksanakan secara kontinu untuk mendukung pengembangan kapasitas calon-calon pelaku kehutanan di Papua dimasa yang akan datang.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Theodora F. Resubun, Advisor Pengelolaan Hutan Lestari dan Koordinator Provinsi Papua
Mohammad Sidiq, Manajer Bidang Strategis, Pengelolaan Hutan Lestari dan Koordinator Provinsi Papua dan Papua Barat

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz