1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2023 02 28 Koordinasi BBKSDA Papua Barat dan FORCLIME ny

Terkait dengan rencana kegiatan bersama, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (Balai BKSDA) Papua Barat bersama FORCLIME mengadakan pertemuan untuk menyusun rencana kerja tahun 2023. Pertemuan yang diadakan secara daring tersebut diadakan pada tanggal 28 Februari 2023 dan dipimpin oleh Kepala Bidang Teknis Balai BKSDA Papua Barat, bapak Tasliman, S.P., M.P. Pada pertemuan tersebut disepakati beberapa kegiatan yang akan dilakukan bersama pada tahun ini, antara lain adalah:

  • Penyusunan Rencana Pengelolaan Jangka Panjang (RPJP) Cagar Alam (CA) Pantai Sausapor. Terkait dengan kegiatan ini, FORCLIME akan mendukung finalisasi dokumen RPJP yang saat ini sedang dikaji ulang oleh Tim Universitas Papua. Selain itu, FORCLIME juga akan mendukung pelaksanaan konsultasi publik yang direncanakan pada bulan Mei atau Juni 2023.
  • Pelaksanaan penilaian kawasan konservasi dengan menggunakan pendekatan Management Effectiveness Tracking Tools (METT). Dalam kegiatan ini, FORCLIME akan mendukung pelaksanaan METT di wilayah Bidang I yang meliputi CA Pulau Misool, CA Pulau Salawati, CA Pantai Sausapor, CA Pegunungan Tambrauw Utara, Taman Wisata Alam Beriat. Kegiatan ini rencananya dilaksanakan di Sorong pada bulan Juni atau Agustus 2023.
  • Penyusunan buku Kawasan Konservasi Provinsi Papua Barat. FORCLIME akan mendukung penyusunan dan pencetakan buku. Diharapkan draf final buku tersebut dapat dipresentasikan kepada Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada bulan Mei 2023.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Nita Yohana, Advisor Bidang Pengelolaan Hutan Lestari dan Koordinator Provinsi Papua Barat
Mohammad Sidiq, Manajer Bidang Strategis, Pengelolaan Hutan Lestari dan Koordinator Provinsi Papua dan Papua Barat

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz