1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2023 02 02 Koordinasi dg Mitra Pembangunan Kab Tambrauw ny 1 2

Melanjutkan penyusunan Master Plan Kabupaten Konservasi dan Masyarakat Hukum Adat di Kabupaten Tambrauw, Pemerintah Provinsi Kabupaten (Pemkab) Tambrauw menyelenggarakan pertemuan koordinasi dan sinkronisasi Mitra Pembangunan Kabupaten Tambrauw. Mitra Pembangunan Kabupaten Tambrauw ini digawangi oleh Pemkab Tambrauw dan terdiri dari LSM, universitas, swasta, NGO, maupun pihak-pihak lain yang terlibat dalam pembangunan Kabupaten Tambrauw. FORCLIME yang telah memulai aktivitas di Kabupaten Tambrauw sejak akhir 2021, turut menjadi bagian dalam Mitra Pembangunan Kabupaten Tambrauw tersebut.

Pertemuan ini dilaksanakan pada 2 Februari 2023 di Manokwari, Papua Barat dan dibuka oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Tambrauw, Bapak Muosche Woria, S.IP., M.IP. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa program kerja para mitra akan menjadi masukan dalam penyusunan dokumen master plan, dan kegiatan sinkronisasi ini merupakan contoh kolaborasi dalam pembangunan tanpa mengorbankan hak-hak masyarakat adat.

Dalam pertemuan tersebut, 35 peserta mitra hadir dan memaparkan program kerja masing-masing yang akan dilaksanakan tahun 2023. FORCLIME turut menyampaikan kegiatan prioritas yang akan dilakukan, diantaranya adalah mendukung penyusunan rencana pengelolaan di Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tambrauw dan Cagar Alam Tambrauw, serta melanjutkan pendampingan untuk Kelompok Tani Hutan (KTH) di Kampung Bikar dan Kampung Emaus dalam pemanfaatan hasil hutan bukan kayu dan jasa lingkungan.

Pertemuan ini menghasilkan matriks indikator Mitra Pembangunan Kabupaten Tambrauw yang akan diintegrasikan ke dalam dokumen master plan. Tim penulis selanjutnya akan melakukan finalisasi dokumen, dan penyerahan dokumen master plan dari tim penulis kepada Pemkab Tambrauw rencananya akan dilaksanakan pada bulan Maret mendatang. Master Plan Kabupaten Konservasi dan Masyarakat Hukum Adat ini akan menjadi bagian utama dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tambrauw 2025-2029 dan dokumen perencanaan lainnya di Kabupaten Tambrauw.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Nita Yohana, Advisor Bidang Pengelolaan Hutan Lestari dan Koordinator Provinsi Papua Barat
Mohammad Sidiq, Manajer Bidang Strategis, Pengelolaan Hutan Lestari dan Koordinator Provinsi Papua dan Papua Barat

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz