1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

 2023 01 11 Koordinasi kampung dukungan TN Wasur

Dalam rangka melanjutkan kegiatan pendampingan untuk Kelompok Tani Hutan (KTH) di Kampung Yanggandur dan Kampung Wasur, Merauke, FORCLIME berkoordinasi dengan Balai TN Wasur untuk mendiskusikan kegiatan prioritas tahun 2023 yang akan dilakukan bersama-sama di kedua kampung tersebut. Pertemuan ini dilaksanakan pada Rabu, 11 Januari 2023 di Kantor Balai TN Wasur dan dipimpin oleh Kepala Balai TN Wasur, Bapak Yarman, S.Hut, M.P.

Pertemuan diawali dengan evaluasi kegiatan pendampingan tahun 2022. Selama tahun 2022, FORCLIME telah mendukung sosialisasi program dengan prinsip-prinsip Free, Prior Informed Consent (FPIC), serta penguatan kapasitas KTH untuk kelola wilayah, kelola lembaga, dan kelola usaha. FORCLIME juga memfasilitasi kunjungan studi ke KTH di Bali Barat dan pameran ke Jayapura. Adapun kelompok di Wasur berfokus pada pengembangan jasa wisata alam, budidaya anggrek, serta pengembangan teh sarang semut. Sedangkan, kelompok di Yanggandur berfokus pada pengembangan HHBK seperti madu trigona, minyak kemiri, minyak kayu putih, minyak buah merah, abon ikan mujair, dan produk olahan dari pisang.

Berdasarkan hasil diskusi, di tahun 2023 akan kembali dilakukan penguatan kapasitas KTH serta analisis dan peningkatan akses ke pasar. Bapak Yarman juga memberikan arahan untuk mendukung pengurusan izin edar dan izin tangkar anggrek sehingga pemasaran anggrek bisa dilakukan secara lebih luas.

Di akhir pertemuan, Bapak Yarman memberikan kesan terhadap kegiatan pendampingan. “Semoga dengan adanya kegiatan pengembangan masyarakat di kampung dukungan, mereka bisa mendapatkan manfaat ekonomi secara optimal dari pengelolaan HHBK dan meningkatkan taraf kehidupan mereka,“ ucapnya.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Theodora F. Resubun, Advisor Pengelolaan Hutan Lestari dan Koordinator Provinsi Papua
Mohammad Sidiq, Manajer Bidang Strategis, Pengelolaan Hutan Lestari dan Koordinator Provinsi Papua dan Papua Barat

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz