1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2023 01 26 Duta Besar Jerman ke Balai Pelatihan LHK Makassar dan SMK Kehutanan Makassar em 3

Duta Besar Jerman mengunjungi Balai Pelatihan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Makassar serta SMK Ke-hutanan Makassar pada tanggal 26 Januari 2023. Kunjungan ini dimaksudkan untuk mengetahui perkem-bangan kerja sama Indonesia – Jerman, khususnya di bidang pengembangan kapasitas yang dilaksanakan oleh Program Hutan dan Perubahan Iklim (Forests and Climate Change Programme – FORCLIME).

Dalam kunjungannya, Duta Besar Jerman, Ina Lepel, diterima oleh Kepala Pusat Diklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Kusdamayanti Duryat, sebagai perwakilan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM (BP2SDM) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), didampingi oleh Kepala Balai Pelatihan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Makassar, Kepala SMK Kehutanan Makassar dan beberapa pejabat unit pelaksana teknis KLHK di Makassar. Terkait dengan Balai Pelatihan LHK dan SMK Kehutanan Makassar, kedua instansi tersebut merupakan unit pelaksana teknis BP2SDM Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Tugas utama Balai Pelatihan LHK adalah mengelola pelatihan bagi aparatur dan non aparatur bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Sedangkan, SMK Kehutanan Makassar merupakan salah satu sekolah kejuruan kehutanan yang diselenggarakan dan dibina oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam kunjungan Duta Besar Jerman tersebut, Kepala Pusat Diklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyampaikan apresiasi atas dukungan pemerintah Jerman dalam pengembangan kapasitas SDM LHK melalui Program FORCLIME. Beliau berharap kerja sama ini bisa dilanjutkan di masa mendatang. Selain itu Balai Pelatihan LHK Makassar dan SMK Kehutanan Makassar menyampaikan pemaparan terkait dengan pengembangan pelatihan dan pendidikan vokasi termasuk usulan pengembangan kapasitas para guru melalui magang di luar negeri.

Di SMK Kehutanan Makassar, Duta Besar Jerman mengunjungi fasilitas yang ada di sekolah tersebut, termasuk laboratorium kultur jaringan, persemaian tanaman hutan, bank sampah. Kunjungan Duta Besar Jerman ini merupakan kunjungan pertama seorang pejabat tinggi negara asing ke SMK Kehutanan Makassar, sehingga para guru dan siswa sangat antusias menyambut kunjungan ini.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Edy Marbyanto, Manajer Bidang Strategis, Pengembangan Kapasitas SDM
Daniel Maertz, Advisor bidang Pendidikan dan Pelatihan Orang Dewasa

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz