1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2023 01 10 Review buku Reptile TN Wasur tr 4 2

Dalam rangka pengelolaan pengetahuan tentang keragaman hayati yang ada di kawasan Taman Nasional Wasur (TN Wasur), Balai Taman Nasional Wasur, didukung FORCLIME, menyusun buku panduan lapangan mengenai reptil yang ada di kawasan taman nasional dan sekitarnya. Buku tersebut diinisiasi oleh staf TN Wasur, pak Zaenal Arifin, A.Md, polisi kehutanan penyelia, yang kemudian ditinjau ulang (review) oleh seorang ahli herpetofauna, Burhan Tjaturhadi, S.Si., M.Sc.

Untuk menyempurnakan buku tersebut, Balai TN Wasur mengadakan pertemuan pada tanggal 10 Januari 2023 di Ruang Rapat Balai TN Wasur di Merauke, Provinsi Papua Selatan. Dalam pertemuan tersebut, pak Burhan menyampaikan hasil kaji ulangnya terkait jenis-jenis reptil (ular, kura-kura, kadal) dari data yang telah dihimpun oleh TN Wasur, termasuk sebaran jenis dan juga membandingkan dengan sebaran species dan statusnya.

Buku panduan reptile ini akan sangat bermanfaat karena selama ini data yang dihimpun oleh TN Wasur sudah cukup banyak, dengan pendokumentasian dalam bentuk buku akan menjadi sumber informasi, bukan hanya bagi TN Wasur tetapi juga untuk wilayah Merauke dan sekitarnya”, kata Kepala Balai TN Wasur, Yarman S.Hut, M.P., dalam sambutannya saat membuka pertemuan.

Dalam pertemuan tersebut, pak Burhan juga memberikan bimbingan teknis kepada staf TN Wasur mengenai pengenalan jenis reptil, termasuk bagaimana cara mengetahui jenis ular berbisa dan tidak berbisa, data apa saja yang harus diambil untuk mengidentifikasi jenis reptil. Selain itu, juga disampaikan pengetahuan mengenai jenis reptil dan penyebarannya. Pada kesempatan tersebut, staf TN Wasur juga menyampaikan beberapa hasil temuan jenis katak untuk diidentifikasi.

Setelah pertemuan ini, buku Panduan Lapangan Reptil di Kawasan Taman Nasional Wasur dan sekitarnya akan difinalisasi agar segera tersedia bagi para pihak yang memerlukan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Theodora F. Resubun, Advisor pengelolaan hutan lestari dan Koordinator Provinsi Papua
Mohammad Sidiq, Manajer bidang strategis, Pengelolaan hutan lestari dan Koordinator Provinsi Papua dan Papua Barat

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz