1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2022 12 16 Kunjungan CB Betung Kerihun Danau Sentarum ke CBLL fa 4

Cagar Biosfer Betung Kerihun Danau Sentarum (CBBKDS) Kapuas Hulu telah ditetapkan oleh Man and the Biosphere (MAB) Programme UNESCO sejak Juli 2018. Pada tahun 2020, Bupati Kapuas Hulu membentuk Forum Multi Pihak (MSF), yang terdiri dari 80 orang di dalam sekretariat forum, sebagai wadah koordinasi dan komunikasi antar pemangku kepentingan, baik dari pihak pemerintah, swasta, maupun CSO. Dalam menjalankan program-program cagar biosfer, terdapat kendala dan tantangan yang dialami oleh MSF. Oleh karena itu, perwakilan dari CBBKDS Kapuas Hulu melakukan kunjungan ke Cagar Biosfer Lore Lindu (CBLL) pada tanggal 12-16 Desember 2022 untuk melihat, mempelajari, dan bertukar pengalaman terkait pengelolaan cagar biosfer.

Kedatangan tim CBBKDS ini disambut oleh Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Ir. Christina Shandra Tobondo, MT. Selanjutnya, tim CBLL membawa tim CBBKDS ke beberapa lokasi strategis dalam pengelolaan CBLL, seperti sekretariat CBLL di Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu; Rumah Cokelat, industri kecil dan menengah (IKM) produk CBLL; Galeri produk Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan mitra; dan komunitas budidaya anggrek CBLL (Kareba Orchid CBLL). Beberapa poin penting dalam pertukaran pengetahuan adalah terkait:

- Koordinasi dalam forum multi pihak, termasuk penempatan sekretariat Cagar Biosfer yang efektif.
- Sinkronisasi rencana pemerintah yang ada dengan program cagar biosfer.
- Branding produk cagar biosfer melalui sistem registrasi dan verifikasi produk.

Sebagai tindak lanjut dari kunjungan belajar ini, CBBKDS Kapuas Hulu akan menerapkan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh CBLL, seperti penempatan sekretariat cagar biosfer serta sinkronisasi rencana dan anggaran pemerintah untuk mendukung program-program cagar biosfer.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Fikty Aprilinayati, Advisor bidang Pengelolaan Hutan Lestari dan Pengelolaan Cagar Biosfer
Ismet Khaeruddin, Advisor Senior, Focal Point Keanekaragaman Hayati KFW Forest Program 3 dan Koordinator Provinsi Sulawesi Tengah

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz