1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2022 11 11 Konsultasi publik Rencana Pemberdayaan Masyarakat KHDTK Tabotabo em 4

Pengelolaan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Hutan Diklat bertujuan untuk mendukung terselenggaranya kegiatan pelatihan yang berorientasi praktis. Selain itu, Hutan Diklat juga diharapkan mampu mendukung upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat yang ada di sekitarnya. Untuk memberikan arah yang lebih jelas dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat ini, Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BD LHK) Makassar menyusun Rencana Pemberdayaan Masyarakat sekitar KHDTK Hutan Diklat Tabo-tabo untuk periode 2022-2024. Saat ini Draft Rencana Pemberdayaan Masyarakat sudah disusun namun masih perlu dikonsultasikan kepada publik agar rencana tersebut benar-benar mewadahi aspirasi dari para pemangku kepentingan yang ada di sana.

Oleh karena itu, BD LHK Makassar menyelenggarakan Konsultasi Publik mengenai Draft Rencana Pemberdayaan Masyarakat tersebut pada tanggal 11 November 2022 di Kampus BD LHK Makassar di KHDTK Hutan Diklat Tabo-tabo, Sulawesi Selatan. Kegiatan konsultasi publik dibuka oleh Kepala Seksi Sarana dan Evaluasi Diklat, BD LHK Makassar, Bapak Endang Siswanto. Rencana Pemberdayaan Masyarakat sekitar KHDTK Tabo-tabo periode 2022-2024 yang dipresentasikan dalam pertemuan ini mencakup pengembangan kelola kelembagaan, kelola kawasan dan kelola usaha di wilayah KHDTK Hutan Diklat Tabo-tabo.

Kegiatan pertemuan ini sangat baik untuk menyelaraskan rencana dari BDLHK Makassar dengan rencana pembangunan Desa Tabo-tabo,” kata Kepala Desa Tabo-tabo, Bapak Hairil Anwar.

Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah revisi dokumen berdasarkan masukan yang dikompilasi dari konsultasi publik, yang kemudian akan ditandatangani oleh Kepala Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan Makassar. Sehingga dokumen tersebut tersedia bagi para pihak yang memerlukan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Edy Marbyanto, Manajer Bidang Strategis, Pengembangan Kapasitas SDM

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz