1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2022 10 07 Studi Tour ke Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol wh

Eko-edu wisata merupakan salah satu bentuk pemanfaatan jasa lingkungan wisata alam yang dapat dilaksanakan melalui kemitraan dengan masyarakat di sekitar hutan. Untuk dapat melaksanakan pemanfaatan jasa wisata alam melalui eko-edu wisata, dibutuhkan tenaga pengelola, pemandu wisata, dan pelaksana yang memadai, baik dalam jumlah maupun secara kualitas. Pembinaan bidang sumber daya manusia perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanan wisata. Sehubungan dengan hal tersebut, Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BDLHK) Makassar, didukung FORCLIME, mengorganisasikan kunjungan studi bagi Kelompok Desa Wisata (Deswita) Tabo-tabo untuk mempelajari proses pengelolaan kawasan wisata secara mandiri di Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol (PPKAB) pada tanggal 4 – 7 Oktober 2022. Wilayah ekowisata ini dikelola oleh perseorangan yang mendapatkan dukungan dari pemilik kawasan, dalam hal ini Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Skema pengelolaan kawasan wisata di Bodogol ini tidak jauh berbeda dengan pola pengelolaan wilayah ekowisata yang berada di dalam kawasan Hutan Diklat Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Tabo-tabo, Makassar, Sulawesi Selatan, yang nantinya akan dikelola oleh Kelompok Deswita Tabo-tabo.

Dalam kunjungan studi ini para peserta berdiskusi untuk berbagi pengalaman dengan pihak taman nasional (TNGGP), pengelola ekowisata (PPKAB), dan Kelompok Bodogol Kampung Hoya. Bodogol Kampung Hoya merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat di sekitar PPKAB yang menjadikan tumbuhan Hoya sebagai komoditi utamanya. Hoya adalah kelompok tumbuhan tropis yang memiliki bentuk bunga unik dan indah, karena keindahan bunganya dan memiliki penampilan seperti porselen berlilin, tumbuhan Hoya juga dikenal sebagai Bunga Porselen. Jenis tumbuhan Hoya antara lain adalah Hoya cinnamomifolia.

Tindaklanjut dari kunjungan studi ini adalah penguatan kelembagaan Deswita Tabo-tabo. Selain itu, penyusunan naskah kesepakatan kerja sama antara Deswita Tabo-tabo dan BDLHK Makassar untuk kemitraan pengembangan ekowisata di KHDTK Hutan Diklat Tabo-tabo.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Wira Nastainul Hakim, Advisor Bidang Pengembangan Kapasitas SDM
Edy Marbyanto, Manajer Bidang Strategis, Pengembangan Kapasitas SDM

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz