1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2022 10 03 Integrasi GCF dengan Target FOLU 2030 Kalbar jum 4

Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi yang memiliki komitmen yang kuat dalam pencapaian target penurunan emisi. Saat ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Pemprov Kalbar) sedang berproses untuk dapatkan pendanaan Green Climate Fund (GCF). Proyek GCF didesain sebagai salah satu sumber pendanaan yang direncanakan untuk membiayai aksi perubahan iklim sebagaimana yang dituangkan dalam Rencana Aksi Provinsi Kalimantan Barat. Project GCF yang diusulkan Pemprov Kalbar bersama GIZ, sebagai lembaga terakreditasi, sedang dalam tahap penyusunan proposal pembiayaan dan studi kelayakan. Perencanaan Proyek GCF ini perlu integrasikan menjadi bagian dari pencapaian komitmen dan kontribusi Pemprov Kalbar untuk penyerapan bersih karbon sektor hutan dan penggunaan lahan yang menjadi target yang dijanjikan Indonesia untuk dicapai hingga tahun 2030 atau lebih dikenal dengan Forestry and Other Land Uses (FOLU) Net Sink 2030.

Oleh karenanya, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Dinas LHK) Provinsi Kalimantan Barat, didukung FORCLIME, mengadakan pertemuan untuk membahas desain proyek GCF yang diintegrasikan dengan pencapaian target FOLU Net Sink 2030. Pertemuan tersebut dilaksanakan di Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tanggal 3 Agustus 2022 di Pontianak. Pertemuan yang dibuka oleh Kepala Dinas LHK Pemprov Kalbar, Ir. H. Adiyani, MH, selain dihadiri oleh perwakilan dari instansi pemerintan provinsi, juga dihadiri oleh perwakilan akademisi dan LSM di Kalimantan Barat.

Tindak lanjut dari pertemuan ini adalah penyusunan proposal proyek GCF yang sudah terintegrasi dengan Rencana Operasional FOLU Net Sink Provinsi Kalimantan Barat 2030.

Untuk Informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Jumtani, Advisor Bidang Pengelolaan Hutan Lestari dan Focal Point GCF
Wandojo Siswanto, Manajer Strategis untuk Kebijakan Kehutanan dan Perubahan Iklim

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz