1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2022 07 30 Facilitastion women group Lore Lindu fa 1

Dalam rangka menyemangati dan memotivasi kelompok perempuan yang berkegiatan usaha budidaya anggrek, yang sempat vacuum karena adanya pandemi Covid-19, Forum Koordinasi dan Komunikasi Cagar Biosfer Lore Lindu bekerja sama dengan FORCLIME mengadakan studi banding bagi kelompok perempuan anggrek di wilayah Cagar Biosfer Lore Lindu pada tanggal 26 – 30 Juli 2022. Kelompok, yang diberi nama KAREBA Orchid CBLL, ini mengunjungi Kebun Raya Bogor, Gino Nursery (Parung), Uli Anggrek dan Taman Anggrek Ragunan. Menurut Dr. Sri Ningsih Mallombasang, pembina kelompok anggrek dari Fakultas Kehutanan Universitas Tadulako, kegiatan ini sangat penting guna memperkuat motivasi dan menambah pengetahuan kelompok perempuan tentang jenis, teknik budidaya, nilai ekonomi hingga jaringan dan pasar anggrek. Penguatan kapasitas untuk budidaya dan nilai ekonomi anggrek ini menunjang kegiatan konservasi anggrek dan ekosistem hutan di wilayah Cagar Biosfer Lore Lindu, oleh karena menjadi pendapatan tambahan bagi masyarakat yang tinggal di kawasan ini.

Dari studi banding ini, peserta mendapatkan informasi dan pengetahuan secara langsung dalam perawatan dan budidaya anggrek, termasuk pembibitan, pengendalian hama penyakit maupun bagaimana menata dan mengelola greenhouse. Studi banding ini juga berkontribusi pada pengenalan jaringan penangkar dan pasar anggrek.

Setelah kembali dari studi banding, mereka sepakat untuk melakukan restrukturisasi kelompok, membuat jadwal tugas pemeliharaan dan pertemuan berkala untuk saling berkomunikasi dan berbagi pengalaman.

Sejak November 2017, FORCLIME melakukan pendampingan bagi kelompok perempuan dalam membudidayakan anggrek di desa-desa Karunia, Rejeki dan Bahagia. Berbagai pelatihan telah dilakukan untuk meningkatkan kapasitas kelompok perempuan di ketiga desa tersebut dalam pengembangan budidaya anggrek.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Fikty Aprilinayati, Advisor bidang Pengelolaan Hutan Lestari dan Pengelolaan Cagar Biosfer
Ismet Khaeruddin, Advisor Senior, Focal Point Keanekaragaman Hayati KFW Forest Program 3 dan Koordinator Provinsi Sulawesi Tengah

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz