1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2022 05 11 First Aid Makassar 2

Kegiatan lapangan dan pekerjaan kehutanan di daerah pedesaan memiliki risiko tinggi. Jarak yang jauh ke fasilitas kesehatan terdekat membuat pentingnya pengetahuan dasar pertolongan pertama. Guru di SMK kehutanan memiliki tanggung jawab terhadap siswanya, terutama untuk mengantisipasi potensi kecelakaan menjadi fatal.

Untuk menjamin keselamatan para siswa, FORCLIME memfasilitasi pelatihan pertolongan pertama bagi guru-guru SMK Kehutanan Makassar pada tanggal 11-13 Mei 2022 di SMK Kehutanan dan Hutan Pendidikan Tabo-tabo, Makassar. Pelatihan diberikan oleh Palang Merah Indonesia cabang Sulawesi Selatan, dan diikuti oleh 20 orang guru.

Pada hari pertama, para peserta pelatihan berkumpul di aula sekolah dan menerima penjelasan teori pengetahuan dasar dan peraturan tentang pertolongan pertama. Peserta juga melihat peragaan dan video terkait langkah-langkah dan teknik pertolongan pertama.

Pelatihan pada hari kedua diadakan di Hutan Pendidikan Tabo-tabo. Para peserta belajar secara praktik mengenai teknik penyelamatan, penilaian risiko, resusitasi jantung paru, Heimelich Manoeuvre, panggilan darurat, dan keterampilan pertolongan pertama penting lainnya. Di hari terakhir, para peserta mengikuti tes teori dan praktek, dan dinilai oleh tim Palang Merah Indonesia.

Berdasarkan kuesioner kepuasan pelatihan, sebagian besar peserta merasa puas dengan pelatihan tersebut. Mereka menyampaikan pelatihan ini sangat bermanfaat untuk menunjang pekerjaan mereka, terutama untuk menangani siswa yang mengalami kecelakaan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Daniel Maertz, Advisor Bidang Pendidikan dan Pelatihan Orang Dewasa
Edy Marbyanto, Manajer Bidang Strategis, Pengembangan Kapasitas SDM

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz