1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2022 05 23 Coordination Meetings With FMIPA Universitas Cenderawasih tr 2

Dalam rangka koordinasi untuk menyiapkan pelaksanaan magang dan pelaksanaan kuliah kerja nyata (KKN) tematik, Fakultas MIPA Universitas Cenderawasih dan FORCLIME mengadakan pertemuan koordinasi pada 23 Mei 2022 di Ruang Pertemuan Fakultas MIPA, Kampus Universitas Cenderawasih (Uncen) di Jayapura, Papua. Pertemuan tersebut dipimpin oleh Dekan Fakultas MIPA, Dr. Dirk Runtoboi, M.Kes., dan juga dihadiri Direktur Program FORCLIME.

Pertemuan diawali dengan presentasi dua mahasiswa Fakultas MIPA, yaitu Sonia Kwano dan Mia Esti Asmuruf yang mengikuti program magang di FORCLIME selama enam bulan, yang setara dengan 20 satuan kredit semester (SKS) untuk mata kuliah yang berhubungan dengan materi magang di FORCLIME.

Dalam presentasi dijelaskan materi-materi pembelajaran yang didapatkan selama mengikuti program magang, seperti terlibat dalam proses Free, Prior Informed Consent (FPIC); Pemetaan partisipatif; Proses perencanaan hutan melalui penyusunan dokumen Rencana Pengelolaan Jangka Panjang (RPJP) di kawasan konservasi; Identifikasi kampung yang akan didukung FORCLIME; Proses administrasi yang mengacu pada standar GIZ. Selain itu, Sonia dan Mia juga mendapatkan pengetahuan terkait dengan teknik-teknik pemetaan dengan supervisi dari Advisor bidang GIS.

Sangat bangga karena lewat program magang di FORCLIME, mahasiswa meningkat soft skill-nya dan mendapatkan pengalaman lain yang tidak bisa diperoleh lewat pembelajaran di kampus”, kata Dr. Dirk Runtoboi, M.Kes, Dekan Fakultas MIPA Universitas Cenderawasih.

Sementara itu, Octalia Togibasa, PhD., MSi., Pembantu Dekan 1 Fakultas MIPA, dalam diskusi menyampaikan bahwa program magang seperti ini perlu terus dilaksanakan karena sangat mendukung kampus, terutama dalam mengembangkan model pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Direktur program FORCLIME, George Buchholz menyampaikan bahwa FORCLIME akan terus mendukung program magang dan juga program KKN tematik. Dan pada tahun 2022 ini siap untuk menjadi tempat magang bagi tiga mahasiswa dan satu kelompok mahasiswa yang akan melaksanakan KKN tematik dengan fokus pelaksanaan kegiatan di kampung-kampung dukungan FORCLIME. Program magang dan KKN tematik akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2022, sehingga proses persiapan akan segera dimulai.

Selain dengan Universitas Cenderawasih, program magang FORCLIME juga akan dilaksanakan bersama Universitas Ottow Geissler Papua dan Universitas Musamus Merauke.

Untuk informasi yang lebih lanjut, silakan hubungi:
Theodora F. Resubun, Advisor pengelolaan hutan lestari dan Koordinator Provinsi Papua
Mohammad Sidiq, Manajer bidang strategis, Pengelolaan hutan lestari dan Koordinator Provinsi Papua dan Papua Barat

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz