1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2022 04 27 Training for Kampongs Facilitators Tanah Papua mb 4

Untuk memfasilitasi pelaksanaan kegiatan bersama di desa-desa binaan FORCLIME di Tanah Papua, telah dipilih sembilan fasilitator. Pemilihan fasilitator desa dilakukan bersama dengan mitra lokal utama di Provinsi Papua dan Papua Barat, yaitu Dinas Kehutanan Provinsi, Balai Konservasi Sumber Daya Alam. Fasilitator terpilih dibekali pengetahuan yang diperlukan melalui pelatihan sebelum mereka terjun melaksanakan program kerja. Pelatihan yang berlangsung pada 25 – 27 April 2022 di Manokwari, Papua Barat, ini dikoordinasikan dengan mitra lokal utama di Provinsi Papua dan Papua Barat, yaitu Dinas Kehutanan Provinsi, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam, dan Taman Nasional Wasur.

Ada sembilan fasilitator terpilih yang akan ditempatkan di desa binaan FORCLIME, seperti Bikar dan Emaus di Kabupaten Tambrauw, Haha dan Wendi di Kabupaten Sorong Selatan, Babrongko, Dosay dan Tablasupa di Kabupaten Jayapura, Wasur dan Yanggandur di Kabupaten Merauke. Setiap desa akan didukung oleh satu fasilitator.

Selama pelatihan, mereka memperoleh pengetahuan tentang GIZ secara umum, FORCLIME 4.0, kesatuan pengelolaan hutan, perhutanan sosial, serta pengetahuan tentang manajemen dan pendampingan proyek (kelembagaan, wilayah, manajemen bisnis), dan tentang prinsip-prinsip perencanaan partisipatif desa dan prinsip Persetujuan atas dasar informasi sejak awal tanpa paksaan (Free, Prior Informed Consent - FPIC). Selain itu, mereka juga mendapat informasi tentang administrasi keuangan GIZ.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Melanesia Brigite Boseren, Advisor Junior bidang penghidupan (livelihood) pedesaaan, pengelolaan dan konservasi hutan
Mohammad Sidiq, Manajer bidang strategis, pengelolaan hutan lestari dan coordinator Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz