1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2022 03 23 Seminar Internasional CC dan PB Kalbar js small

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat bekerja sama dengan Sekolah Kajian Strategis dan Global Universitas Indonesia dan didukung para pihak, diantaranya FORCLIME, menyelenggarakan Seminar Internasional Perubahan Iklim dan Pembangunan Berkelanjutan.
Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2022 di Pontianak dengan tujuan membangun pemahaman bersama terkait visi misi pemerintah provinsi dalam mengimplementasikan kebijakan pengendalian perubahan iklim untuk mewujudkan komitmen penurunan emisi di tingkat nasional dan internasional.

Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid ini dihadiri oleh berbagai perwakilan dari pemerintah, swasta dan mitra pembangunan dari level provinsi, nasional dan internasional. Diawali dengan penyampaian laporan oleh Direktur Sekolah Kajian Strategis dan Global, Dr. Hanif Saha Ghafur, dan diikuti dengan sambutan pembukaan oleh Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ibu Ir Laksmi Dewanthi, MA. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Gubernur Kalimantan Barat, Bapak H. Sutarmidji, SH, M.Hum., yang mengatakan bahwa aksi perubahan iklim tidak bisa dilakukan hanya pada waktu tertentu saja sementara kerusakan lingkungan yang berdampak perubahan iklim terus berlangsung.

Acara dilanjutkan dengan presentasi dari pembicara internasional Prof Miroslav Matyja dari Universitas Bologna, William Boyd dari GCF-TF, Georg Buchholz dari FORCLIME, dan Alexis Athur dari UNDP yang mengisi secara online dan kemudian diikuti dengan pembicara nasional, antara lain Prof. Jatna Supriatna dari Universitas Indonesia dan Bapak Indroyono Soesilo dari Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia.

Melalui kegiatan ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menunjukkan komitmen terkait dengan perubahan iklim terutama kontribusi dalam pencapaian target penurunan emisi yang dituangkan dalam dokumen Nationally Determined Contribution dan Komitmen FoLU Net Sink 2030.

Untuk Informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Yenny, S.Hut, MT, Kabid PPLH Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalbar
Jumtani, Advisor Bidang Pengelolaan Hutan Lestari dan Focal Point GCF
Wandojo Siswanto, Manajer Strategis untuk Kebijakan Kehutanan dan Perubahan Iklim

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz