1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2022 03 14 FDG Kontribusi Kalbar untuk penurunan emisi js

Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor S.37/MenLHK/Setjen/PPI.1/1/2021 tentang perkembangan perubahan iklim dan karbon, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat, didukung FORCLIME, melaksanakan pertemuan para pihak dengan mengundang perwakilan dari instansi pemerintah provinsi, akademisi, dan mitra pembangunan. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 14 Maret 2022 di Pontianak, Kalimantan Barat, dan dibuka oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat, Ir. H. Adi Yani, MH. Dalam sambutannya, Bapak Adi Yani memberikan arahan untuk membangun data dan informasi aksi mitigasi dan adaptasi yang akan didaftarkan dalam sistem registrasi nasional dan kemudian menyusun laporan tentang apa yang telah dilakukan.

Dalam presentasinya, Ibu Lasmi Yulistiana, SP, M.Si., Kepala Bidang Penanganan Sampah, Limbah Bahan Berbahaya, Beracun (PSLB3) dan Pengendalian Pencemaran Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat, menyampaikan tentang perkembangan yang telah dilakukan oleh Provinsi Kalimantan Barat terkait mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, termasuk pembangunan situs MRV. Situs ini dibangun untuk kompilasi data dan informasi pelaksanaan kegiatan para pihak dalam yurisdiski Provinsi Kalimantan Barat yang berkaitan dengan aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. Dalam kesempatan tersebut, ibu Lasmi mengundang para mitra pembangunan untuk mendukung dalam berkolaborasi aksi nyata di tingkat lapangan.

Diskusi ini akan ditindaklanjuti dengan pengumpulan data dan informasi dari mitra pembangunan terkait dengan aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. Selain itu, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian laporan kontribusi Provinsi Kalimantan Barat untuk target penurunan emisi nasional kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Untuk Informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Dwi Wahyu Asti, SP, M.Si, Bidang PSLB3 dan Pengendalian Pencemaran
Jumtani, Advisor Bidang Pengelolaan Hutan Lestari dan Focal Point GCF
Wandojo Siswanto, Manajer Strategis untuk Kebijakan Kehutanan dan Perubahan Iklim

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz