1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2022 03 26 Bincang Pagi Kaffe AM Morgen Mengenal Hutan Papua mb 2

Dalam rangka memperingati Hari Hutan Internasional 21 Maret, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Jerman dan Assosiasi Mahasiswa Kehutanan Internasional (International Forestry Student Association-IFSA) Indonesia mengadakan serangkaian acara, termasuk Forestry Awareness Week. Untuk mendukung kegiatan tersebut, PPI Jerman mengundang Forests and Climate Change Programme (FORCLIME) sebagai pembicara dengan tema ‘Mengenal Hutan Papua’. Kegiatan ini dilaksanakan secara langsung (live) di Instragram Kanal Diskusi Departemen Riset, Pendidikan dan Kajian Strategis, PPI Jerman pada tanggal 26 Maret 2022 dengan judul ‘Bincang Pagi (Kaffe AM Morgen). Acara Bincang Pagi ini dipandu oleh Sekar Ayu Woro Yunita, kandidat program master di Tropical and International Forestry, Georg – August – Universitat Gottingen. Perwakilan FORCLIME yang menjadi pembicara dalam acara ini adalah Melanesia Brigite Boseren (Advisor Junior bidang penghidupan (livelihood) pedesaaan, pengelolaan dan konservasi hutan), Rut M. Ohoiwutun (Advisor Junior bidang hutan kemasyarakatan dan hutan adat, Papua), Mohammad Sidiq (Manajer bidang strategis, pengelolaan hutan lestari dan Koordinator Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat).

Dalam diskusi tersebut, FORCLIME mengenalkan program-program yang sedang dan akan dilaksanakan di Tanah Papua. Materi lain yang disampaikan dalam Kaffe AM Morgen adalah:
• Kondisi hutan di Tanah Papua dan keunikan hutan di Tanah Papua yang membedakannya dengan hutan lain di Indonesia.
• Produk-produk unggulan hasil hutan bukan kayu dari Tanah Papua.
• Kearifan lokal masyarakat setempat dalam pengelolaan sumber daya alam dan hutan.
• Peran perempuan dalam pengelolaan hutan di Tanah Papua.

Materi yang dibincangkan dikemas secara sederhana dan menarik, mengingat bahwa tidak semua peserta Kaffe AM Morgen adalah praktisi kehutanan. Melalui kegiatan ini diharapkan setiap orang, baik praktisi kehutanan dan non-praktisi kehutanan, sama-sama memahami pentingnya hutan di Tanah Papua sehingga kedepannya dapat ikut berkontribusi dalam memanfaatkan hutan dan sumberdaya alam secara bijaksana.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Melanesia Brigite Boseren, Advisor Junior bidang penghidupan (livelihood) pedesaaan, pengelolaan dan konservasi hutan
Rut M Ohoiwutun, Advisor Junior bidang hutan kemasyarakatan dan hutan adat, Papua
Mohammad Sidiq, Manajer bidang strategis, pengelolaan hutan lestari dan Koordinator Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz