1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2021 12 09 Diskusi AWP Ottow Geissler ry

Selama tahun 2021, FORCLIME telah mendukung Universitas Ottow Geissler Papua (UOGP) dalam memfasilitasi proses Padiatapa untuk penetapan dan pendirian Hutan Pendidikan Nyei Toro dan mengidentifikasi kebutuhan pendirian Center of Excellence untuk Sistem Informasi Geografis (GIS) dan pemetaan. Dukungan dari FORCLIME tersebut akan tetap berlanjut di tahun 2022. Untuk menetapkan kegiatan yang akan dilakukan bersama, FORCLIME melakukan pertemuan koordinasi dengan pihak UOGP pada tanggal 9 Desember 2021 di Kota Jayapura, Papua. Pertemuan tersebut dibuka oleh Wakil Rektor I UOGP, BapakGeorge.M. Satya,M.Sc.Ph.D, dan juga dihadiri oleh Direktur Kehutanan dan Konservasi Sumber Daya Air Kementerian PPN/Bappenas, Ibu Dr. Nur Hygiawati Rahayu, ST, MSc, perwakilan Biro Perencanaan KLHK, dan perwakilan BBKSDA Papua.

Berdasarkan hasil diskusi, beberapa kegiatan yang berpotensi dilakukan bersama tahun 2022 adalah program magang untuk mahasiswa Program Studi Kehutanan UOGP, pengembangan Hutan Pendidikan Nyei Toro dan peningkatan kapasitas bagi pengelola Hutan Pendidikan, pelatihan GIS bagi dosen dan mahasiswa untuk mendukung pengembangan Center of ExcellenceGIS dan pemetaan, serta pendirian komite lokal International Forestry Students’ Association (IFSA).

Dalam pertemuan tersebut, Ibu Dr. Nur Hygiawari Rahayu, ST, MSc, juga manyampaikan apresiasinya terhadap proses Free, Prior and Informed Consent (FPIC) yang sudah berlangsung. Beliau menyampaikan “Hutan Pendidikan Nyei Toro merupakan Hutan Pendidikan pertama di Tanah Papua.Semoga ke depannya Hutan Pendidikan ini bisa menjadi contoh pengelolaan dan perlindungan hutan yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat setempat, baik di kancah nasional dan Internasional”.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Ruben Yogi, Advisor Junior Bidang GIS dan Pemetaan Hutan
Theodora Florida Resubun, Advisor Bidang Pengelolaan Hutan Lestari dan Koordinator Provinsi Papua
Mohammad Sidiq, Manajer Bidang Strategis, Pengelolaan Hutan Lestari dan Koordinator Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz