1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2021 11 17 Training digital marketing 2

Dalam rangka mendukung pengembangan usaha bagi Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan Kelompok Tani Hutan (KTH), FORCLIME bekerja sama dengan Pusdiklat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah mengadakan pelatihan pemasaran online mengenai produk Kehutanan di Makassar pada tahun 2019. Dari evaluasi pasca pelatihan yang dilakukan 2021, para peserta berpendapat bahwa pelatihan pemasaran online dirasakan telah memberikan dasar pengetahuan untuk pengembangan pemasaran produk hasil hutan dari KPH dan KTH.

Sebagai tindak lanjut pelatihan pemasaran online tersebut, Pusdiklat dan FORCLIME mengadakan Pelatihan Digital Marketing pada tanggal 17-18 November 2021. Peserta yang mengikuti pelatihan sekitar 510 di hari pertama dan 195 pada hari kedua. Materi disampaikan pada hari pertama meliputi dasar, arsitektur, dan pemilihan platform digital marketing. Sedangkan pada hari kedua, materi fokus pada strategi digital marketing, strategi dari produk (produk ke pelanggan), serta strategi pasar (dari pelanggan ke produk). Sebelum pelatihan ditutup, peserta diberikan tugas untuk membuat akun di platform yang telah tersedia, dan selanjutnya dapat dimulai memasarkan produk yang dihasilkan oleh masing-masing KPH dan KTH.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat, walaupun waktunya terasa padat karena hanya diberikan pada dua hari berturut-turut. Saya berharap pelatihan ini akan ada kelanjutannya mengingat materi yang disampaikan sangat bermanfaat.”, kata Dullah Adi, salah satu peserta dari Kelompok Tani Hutan di Pekanbaru.

Melihat dinamika KTH yang usahanya semakin berkembang, Pusdiklat SDM LHK berencana mengembangkan paket pelatihan pemasaran online produk kehutanan. Kurikulum pelatihan pemasaran online sebelumnya dan hasil evaluasi FORCLIME akan menjadi acuan untuk pengembangan kurikulum pelatihan pemasaran online yang baru.

Sebagai tindak lanjut dari Pelatihan Digital Marketing ini, Pusdiklat SDM LHK akan melanjutkan pelatihan dengan kunjungan lapangan ke delapan KPH percontohan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Wira Hakim, Advisor junior pengembangan SDM
Edy Marbyanto, Manajer bidang strategis pengembangan SDM

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz