1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2021 11 01 introduction workshop interns 2021

Menyusul keberhasilan program magang pada tahun 2019 dan 2020, FORCLIME telah memutuskan untuk menyelenggarakan program magang lagi pada tahun 2021. Tahun ini, 10 mahasiswa mengikuti program tersebut, yaitu: empat dari Universitas Papua (Unipa) di Papua Barat dan empat dari Universitas Cenderawasih (Uncen) di Papua. Dua mahasiswa lainnya berasal dari IPB University di Bogor. Peserta magang dari Unipa akan ditempatkan di Manokwari, sedangkan siswa magang dari Uncen akan ditempatkan di Jayapura dan peserta magang dari IPB University ditempatkan di Bogor.

Untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada para peserta tentang FORCLIME, diadakan lokakarya pada 1 - 3 November 2021 melalui pertemuan daring dan luring. Selama lokakarya tiga hari, informasi dan pengetahuan tentang GIZ dan topik-topik berikut terkait dengan kegiatan FORCLIME dibahas:
- Dalam kerangka kebijakan, kepada peserta magang disampaikan informasi tentang perkembangan terkait kehutanan setelah dikeluarkannya Undang Undang Cipta Kerja (UUCK).
- Topik-topik yang relevan dengan pengelolaan hutan lestari, termasuk pembangunan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan kegiatan perhutanan sosial berdasarkan pembelajaran dari FORCLIME fase sebelumnya di Kalimantan,         serta kegiatan serupa yang sedang berlangsung di Tanah Papua
- Dalam hal konservasi keanekaragaman hayati, peserta magang mendapat wawasan tentang berbagai kegiatan FORCLIME yang sedang dilaksanakan di Cagar Biosfer Lore Lindu. Selain itu, peserta juga mendapatkan informasi            tentang kawasan konservasi di Papua (Cagar alam Cycloop, Cagar Alam Tambraw Utara dan Taman Nasional Wasur).
- Isu-isu terkait dengan Sustainable Development Goals dan pengarusutamaan gender.

Peserta magang juga mendapatkan penjelasan mengenai pengelolaan pengetahuan (knowledge management), administrasi keuangan, serta sistem IT di FORCLIME. Secara umum, selama lokakarya perkenalan tiga hari tersebut, peserta magang mendapatkan informasi utama mengenai FORCLIME, yang merupakan titik awal bagi pembelajaran mereka.

Setelah orientasi selama tiga hari, peserta magang di Bogor mengadakan pertemuan dengan Bagian Pengembangan e-Learning di Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BD LHK). Pertemuan tersebut membahas secara singkat sistem e-learning di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pekerjaan dan output yang diharapkan dari peserta pelatihan, serta mengkomunikasikan alur kerja dan pemilihan modul. Dalam pertemuan tersebut disepakati setiap jadwal pertemuan rutin, yaitu setiap hari Selasa, untuk mendorong koordinasi yang erat antara tim BD LHK dan peserta magang.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Verda Emmelinda Satyawan, peserta magang di Bogor
Nisrina Alissabila, peserta magang di Bogor
Wira Nastainul Hakim, Advisor Junior, pengembangan kapasitas SDM

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz