1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2021 09 07 Coordination Meeting KPHP Sorong Selatan 2

Untuk membangun sinergi pelaksanaan program kerja tahun 2021, FORCLIME dan Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Sorong Selatan mengadakan koordinasi pada tanggal 7 September 2021 melalui pertemuan daring. Kepala KPHP Sorong Selatan, Reynold Kesaulija S.Hut. M.Si., memaparkan tujuh program prioritas tahun 2021, yang dua diantaranya akan didukung oleh FORCLIME, yaitu:
- Pengembangan database dan informasi KPHP Sorong Selatan yang terintegrasi dengan pemeliharaan data spasial KPH;
- Proses redesign Rencana Pengelolaan Hutan Jangka Panjang (RPHJP) dan pelatihan GIS/data spasial bagi staf KPHP Sorong Selatan.

Dukungan akan diberikan dengan cara filling the gap bersama KPHP Sorong Selatan dan Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat, yakni mempertimbangkan kontribusi sumber daya dari masing-masing pihak.

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas mengenai pemilihan desa binaan (pilot village) FORCLIME 4.0. Kepala KPHP Sorong Selatan merekomendasikan tiga Kampung di Distrik Sawiat, yaitu: Kampung Sasnek, Kampung Wendi, dan Kampung Lembah Hijau (Kampung Persiapan). Potensi unggulan dari kampung-kampung tersebut antara lain sarang semut (Myrmecodia pendans), nilam (Pogostemon cablin Benth), buah-buahan, dan jasa lingkungan/ekowisata. Saat ini belum ada pendampingan dari mitra kerja di kampung-kampung tersebut.

Kepala KPHP Sorong Selatan mengapresiasi komunikasi yang selama ini terjaga. “Pertemuan hari ini sangat baik sekali, terima kasih untuk teman–teman FORCLIME yang selalu ada untuk kami, walaupun kondisi pandemi, kita masih bisa terus berhubungan secara virtual”, kata bapak Reynold Kesaulija, Kepala KPHP Sorong Selatan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Nita Yohana, Advisor bidang pengelolaan hutan lestari dan Koordinator Provinsi Papua Barat
Melanesia Brigite Boseren, Advisor Junior bidang penghidupan (livelihood) pedesaaan, pengelolaan dan konservasi hutan
Mohammad Sidiq, Manajer bidang strategis, pengelolaan hutan lestari dan koordinator Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz