1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2021 07 08 Rapat Koordinasi dg BBKSDA Papua photo 1

Dalam rangka menindaklanjuti diskusi informal sebelumnya, FORCLIME dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua mengadakan rapat koordinasi pada tanggal 23 Juni 2021 di Jayapura, Provinsi Papua. Pertemuan yang dipimpin oleh Kepala BBKSDA Papua, bapak Edward Sembiring, S.Hut., M.Si., bertujuan untuk bersinergi dalam kegiatan kemitraan konservasi di wilayah BBKSDA Papua. Saat ini ada 14 kelompok kemitraan konservasi yang sudah dibentuk di wilayah KPHK Cyloop – Youtefa. Kegiatan yang dilakukan sesuai potensi yang ada di masyarakat, selain itu, kelompok tersebut telah disahkan oleh kepala kampung. Kegiatan kemitraan konservasi diharapkan dapat membawa perubahan yang signifikan terhadap ekonomi masyarakat.

Dalam pertemuan tersebut, diusulkan dua kelompok yang diharapkan mendapatkan dukungan FORCLIME, yaitu:
- Kampung binaan di Tablasupa terkait dengan kegiatan ekowisata dan juga produksi hiasan cenderawasih imitasi untuk dijadikan souvenir PON XX.
- Kelompok binaan di Dosay untuk pengembangan anggrek. Selain itu kelompok ini juga potensial untuk pengembangan budidaya lebah madu.

Selain itu, rapat koordinasi juga membahas kampung binaan yang akan diidentifikasi sebagai kampung percontohan (pilot village) FORCLIME 4.0. Yang kemudian akan ditindaklanjuti dengan kunjungan lapangan.

“BBKSDA senang bekerja sama dengan FORCLIME, bisa saling bersinergi sehingga bisa membuka peluang BBKSDA untuk bekerja sama dengan berbagai pihak. Kerja sama ini dilakukan untuk menuju kemandirian masyarakat agar berproduksi tanpa merusak hutan, “Masyarakat Sejahtera, Hutan Lestari”, kata pak Edward Sembiring, Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Papua.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Theodora F. Resubun, Advisor pengelolaan hutan lestari dan Koordinator Provinsi Papua
Mohammad Sidiq, Manajer bidang strategis, pengelolaan hutan lestari dan Koordinator Provinsi Papua dan Papua Barat

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz