1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2021 06 22 Coordination Meetings with GTMA photo 3

Dalam rangka mendapatkan masukkan terutama terkait lokasi-lokasi yang potensial untuk dijadikan kampung percontohan (pilot village) FORCLIME melakukan pertemuan koordinasi dengan Gugus Tugas Masyarakat Adat (GTMA) pada tanggal 22 Juni 2021 di Jayapura, Provinsi Papua. Pertemuan tersebut dibuka oleh Asisten I Setda Kabupaten Jayapura, sebagai Ketua GTMA, bapak Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP.

Di Kabupaten Jayapura, GTMA bekerja sama dengan mitra pembangunan lainnya telah melakukan pemetaan dan pembinaan Masyarakat Hukum Adat (MHA) di wilayah Kabupaten Jayapura. Kegiatan pemetaan yang dilakukan oleh GTMA tersebut meliputi: pemetaan wilayah adat Buyaka (pinggiran Danau Sentani), wilayah adat Oktim (meliputi Unurumguay, Kaureh, Yapsi, dan Airum), wilayah adat Dmutru (Nimboran, Elseng di Distrik Kemtuk dan Kemtuk Gresi), wilayah adat Imbinumbay (Distrik Rafinerara yang berbatasan dengan Kota Jayapura) dan wilayah adat Yewena Yonsu (Distrik Depapre di kampung Tablasupa dan Tablanusu). Selain itu,
GTMA bekerja sama dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua dan Pemda Kabupaten Jayapura telah berhasil menggugah 11 kampung di wilayah Nimbokrang yang kemudian menandatangani kesepakatan untuk menjadikan wilayah mereka sebagai hutan Konservasi Adat.

Tindak lanjut dari pertemuan koordinasi tersebut adalah mengidentifikasi dan menentukan lokasi kampung percontohan FORCLIME yang akan mengembangkan program perhutanan sosial. Penentuan lokasi juga memperhatikan aspek kesiapan lokasi, yang ditandai dengan adanya keterlibatan aktif pihak lain seperti CDK Jayapura dalam mendorong kegiatan tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Rut Ohoiwutun, Junior Advisor, Hutan masyarakat dan hutan adat
Theodora F. Resubun, Advisor, Pengelolaan hutan lestari dan Koordinator Provinsi Papua

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz